hari kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan)...
Denpasar (ANTARA News) - Parade "Ngelawang" atau penampilan kesenian barong berkeliling kompleks Taman Budaya Denpasar menjadi satu dari lima agenda Pesta Kesenian Bali (PKB) ke-33 pada 2011 yang memasuki hari ke-17, Minggu.

Duta seni yang tampil dalam parade "Ngelawang" dari empat kabupaten/kota yang meliputi Kota Denpasar, Kabupaten Jembrana, Kabupaten Badung, dan Kabupaten Karangasem.

Pementasan keliling di pusat kesenian Bali, tempat kegiatan sebulan penuh seluruh aktivitas PKB berlangsung selama dua jam mulai pukul 11.00 hingga 13.00 WITA.

Tradisi kesenian "Ngelawang" yang diwarisi secara turun temurun biasanya dilakukan umat Hindu Bali pada hari Raya Galungan yang dimaknai sebagai hari kemenangan Dharma (kebaikan) melawan Adharma (keburukan), yang jatuh setiap enam bulan sekali,

Hari itu juga bermakna untuk mengusir roh-roh jahat, menolak segala jenis penyakit yang mengganggu kehidupan manusia, termasuk secara niskala mengusir orang-orang yang bermaksud jahat, menggangu keamanan Bali.

Pementasan di masing-masing pekarangan rumah penduduk itu, selain menyuguhkan hiburan, juga diyakini dapat memberi vibrasi kesucian, sehingga penduduk terhindar dari marabahaya dan penyakit.

Tradisi itu kini dikemas sedemikian rupa untuk mengisi salah satu agenda PKB, yang pembukaannya dilakukan Presiden Susilo B Yudhoyono pada Jumat lalu (10/6).

Menurut informasi dari pelaksana PKB 2011, lima kegiatan seni lain meliputi parade topeng prembon yang dibawakan oleh Sekaa Topeng Wirama Tirtayasa dari Banjar Sekar Kangin, Desa Sidakarya, Kota Denpasar.

Kesenian tersebut tampil di panggung Ratna Kanda Taman Budaya selama dua jam, 16.00-18.00 WITA, disusul kesenian Theater Gayatri di gedung Ksiarnawa selama dua jam 20.00-22.00 WITA.

Selain itu parade Drama Gong oleh Sekaa Drama Santika Budaya, Desa Adat Selat Sangeh, Kecamatan Abiansemal, Kabupaten Badung di Wantilan Taman Budaya selama dua jam, pukul 20.00- 22.00 WITA.

Demikian pula tampil parade angklung oleh duta seni Kabupaten Karangasem yang berhadapan dengan duta seni Kabupaten Jembrana mengambil tempat di Kampus Institut Seni Indonesia Denpasar, yang lokasinya bersebelahan dengan Taman Budaya Denpasar.

(ANT)









Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2011