Jakarta (ANTARA News) - PSSI memastikan memanggil para pemain senior pada 13 Juli 2011 untuk melakukan persiapan melawan Turkmenistan dalam laga Pra Piala Dunia 24 dan 28 Juli mendatang dalam pertandingan tandang dan kandang.

"Kami pastikan Timnas Senior akan tetap bertanding melawan Turkmenistan di ajang Pra Piala Dunia itu. Mereka kami panggil untuk berkumpul di Pelatnas pada 13 Juli, dan pada 20 Juli akan diberangkatkan ke Turkmenistan," ujar Ketua Umum PSSI Djohar Arifin Husein di Jakarta, Senin.

Hal itu dikatakan Djohar Arifin setelah PSSI membahasnya bersama Badan Tim Nasional (BTN) dan anggota Komite Eksekutif (Exco) di Sekretariat PSSI Senayan Jakarta.

Djohar mengakui bahwa persiapan tim ke ajang itu sangat mendesak dan Indonesia akan tetap melaksanakan pertandingan itu agar terhindar dari sanksi kekalahan walkover (wo) atau sanksi-sanksi lainnya.

"Kami mengerti bahwa mereka (Timnas) belum latihan dan nantinya baru akan berlatih mulai tanggal 14 Juli. Walaupun persiapannya kurang, kami berharap tim bisa maksimal," kata Djohar Arifin yang didampingi Wakil Ketua Umum PSSI Farid Rachman dan jajaran anggota Exco.

Rapat tersebut merupakan yang pertama bagi pengurus PSSI baru di bawah kepemimpinan Djohar Arifin Husein paska Kongres PSSI Sabtu lalu yang memilihnya sebagai ketua umum baru PSSI.

Mengenai struktur pelatih Timnas, Djohar Arifin menandaskan PSSI akan berpegang pada keputusan Satlak Prima yang menunjuk Rahmad Darmawan sebagai asisten pelatih. Sedangkan pelatih kepala tetap di tangan Alfred Riedl.

Mengenai kebutuhan dana untuk Timnas Senior, Djohar mengatakan hal itu akan teratasi karena PSSI telah mengikat kerjasama dengan beberapa BUMN yang akan menyuplai dana sebesar Rp9 miliar.

"Tetapi mengenai kebutuhan dana khusus untuk tim Pra Piala Dunia itu akan disusun sesegera mungkin bersama BTN dan Pak Bob Hippy selaku Eksekutif Komite bidang koordinator tim nasional. Tim Pra Piala Dunia akan mengandalkan dana bantuan dari BUMN. Kalau posisi saldo keuangan di PSSI saat ini kosong," ujarnya.

Demikian halnya mengenai Timnas U-23 yang dipersiapkan ke SEA Games, Djohar menandaskan berbagai program persiapan tim yang telah disusun oleh BTN dan Satlak Prima akan direalisasikan secepatnya.(*)
(ANT-132/A20)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2011