Jakarta (ANTARA News) - Sebanyak 15 dari 200 desain suvenir SEA Games XXVI telah dipilih untuk diproduksi lebih lanjut dalam memeriahkan kejuaraan multicabang olahraga di Jakarta dan Sumatera Selatan (Sumsel) pada 11-25 November 2011, dan panitia nasional (Inasoc) masih memerlukan banyak desain lainnya.

Pemilihan dilaksanakan pada kompetisi waralaba (merchandise competition) SEA Games XXVI di Plasa Senayan, Jakarta, Minggu.

Pemililihan dilakukan oleh Ketua Indonesia SEA Games XXVI Organizing Committee (Inasoc) atau Panitia Pelaksana SEA Games XXVI, Rita Subowo.

Selain itu, Ketua Harian Inasoc, Rachmat Gobel, Sekjen KONI Pusat, Djati Waluyo, dan General Manager Plasa Senayan selaku mal resmi tempat penjualan suvenir SEA Games XXVI, juga ikut memilih.

Inasoc mengharapkan, akan ada sedikit-dikitnya seratus desain suvenir SEA Games XXVI, sehingga masih ada kekurangan 85 desain lagi, dan diharapkan akan banyak lagi perajin atau produsen souvenir yang menawarkan. Penawaran dapat dilakukan melalui Bidang Merchandise Inasoc di Jakarta.

Berdasarkan desain yang ditetapkan sebagai pemenang nantinya Bidang Merchandise Inasoc akan menetapkan spesifikasinya untuk diproduksi lebih lanjut. Hal ini dilakukan mengingat suvenir tersebut akan dijual kepada para peserta SEA Games XXVI dan masyarakat luas.

Inasoc ingin menjamin suvenir SEA Games XXVI berkualitas tinggi, sehingga akan dijual di toko-toko resmi suvenir SEA Games XXVI, yang menggunakan mekanisme pembagian keuntungan hasil penjualan di antara produsen dengan Inasoc.

Saat ini Plasa Senayan telah dipilih menjadi mal resmi SEA Games XXVI yang akan menjadi tempat menjual suvenir tersebut. Inasoc kini sedang menjajaki kerja sama dengan pusat-pusat perbelanjaan lainnya untuk menjadi tempat resmi penjualan souvenir tersebut.

Inasoc juga sedang menjajaki kerja sama dengan bank untuk membantu memberikan kredit kepada para pembuat suvenir tersebut. Inasoc berharap dunia perbankan menyambut positif gagasan ini mengingat satu di antara tujuan SEA Games yaitu untuk memberdayakan ekonomi masyarakat, terutama di tempat berlangsungnya SEA Games (Jakarta dan Sumatera Selatan).

SEA Games XXVI berlangsung di Jakarta dan Sumatera Selatan, 11-22 November mendatang. Pesta olahraga ini akan diikuti sedikitnya 7.500 atlet dan ofisial, serta 2.500 wartawan peliput dari sebelas negara termasuk Indonesia. Terdapat 43 cabang olahraga yang akan dipertandingan, memperebutkan 535 medali emas.
(T.ANT-133/A020)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2011