Minggu, 31 Agustus 2014

Pengurus Pusat IRSI Terbentuk

Rabu, 17 Agustus 2011 11:39 WIB | 2.482 Views
Jakarta, 17/8 (ANTARA News) - Pengurus Pusat Ikatan Relawan Sosial Indonesia terbentuk yang untuk sementara terdiri dari Dewan Pembina diketuai Haryono Suyono serta Pengurus Harian diketuai Parni Hadi.

"Pengukuhan susunan pengurus sengaja dilakukan pada 17 Agustus dengan maksud untuk memaknai Proklamasi kemerdekaan Indonesia yang bertujuan mewujudkan masyarakat adil dan makmur melalui berbagai upaya mencerdaskan kehidupan bangsa," kata Ketua Umum Pengurus Pusat Ikatan Relawan Sosial Indonesia (PP IRSI) Parni Hadi saat mengukuhkan kepengurusan ikatan tersebut di Jakarta, Rabu.

Dikatakan relawan sosial Indonesia menghimpun diri dalam IRSI yang dideklarasikan pada 10 November 2010 di Surabaya dalam rangka memperingati Hari Pahlawan.

Konferensi Nasional Kesejahteraan Sosial (KNKS) di Batam pada 18-20 Juli 2011 memutuskan secara aklamasi menunjuk Parni Hadi sebagai formatur pembentukan pengurus pusat IRSI untuk menindaklanjuti deklarasi di Surabaya.

Keanggotaan IRSI bersifat pribadi, bukan organisasi, dengan sifat aktif dan sukarela, terbuka untuk siapa saja yang memenuhi syarat, tanpa melihat asal usul, jenis kelamin, usia, suku, ras, agama, profesi dan keyakinan ideologi politik, sehingga mencerminkan kebhinekaan Indonesia.

"Anggota juga nonpartisan dan kita juga tidak akan mengarah menjadi parpol," tegas Parni.

PP IRSI setelah pengukuhan, kata Parni, akan menjalankan tugasnya untuk menyempurnakan struktur organisasi, menetapkan visi dan misi, anggaran dasar dan anggaran rumah tangga serta kode etik IRSI seraya terjun langsung dalam pengabdian masyarakat melalui berbagai layanan sosial.

Langkah konkret kegiatan sosial IRSI dalam waktud ekat ini, kata Parni, adalah mendirikan sejumlah posko layanan kepada para pemudik utamanya untuk anak-anak, lansia, ibu hamil, hingga orang cacat.

"Layanan yang kita berikan adalah memberikan makanan berbuka puasa, kesehatan, hingga hiburan serta informasi mengenai arus mudik yang bekerja sama dengan RRI dan Dompet Dhuafa," katanya.

Dikatakan, semangat kerelawanan ini akan digelorakan di segala bidang kehidupan, termasuk dalam pendidikan untuk membentuk karakter bangsa generasi penerus agar saling mencintai, berbagi, tolong menolong dan gotong royong sesama anak bangsa dan umat manusia.

 

COPYRIGHT © 2011

Komentar Pembaca
Baca Juga