Paris (ANTARA News) - Pemegang gelar Barcelona dan tim asal Inggris Arsenal, gagal meraih kemenangan pada pertandingan pertama mereka pada Liga Champions, Selasa, setelah gol pada akhir pertandingan membuat mereka meraih hasil imbang.

Tendangan bebas pada babak kedua dari David Villa tampaknya akan memastikan Barca meraih ketiga poin setelah mereka mendominasi pertandingan melawan AC Milan, meskipun Alexandre Pato mencetak gol awal, namun Thiago Silva menyamakan kedudukan dengan sundulannya pada menit ketiga tambahan waktu untuk membuat kedudukan 2-2.

Arsenal tampaknya akan memastikan kemenangan tandang yang meningkatkan percaya diri mereka melawan juara Jerman Borussia Dortmund hingga tendangan voli dari Ivan Perisic dua menit menjelang pertandingan usai membuat pertandingan berakhir imbang 1-1.

Pesaing Arsenal pada Liga Premier Chelsea tidak menghadapi masalah serupa saat mereka menang 2-0 melawan tim asal Jerman lainnya Bayer Leverkusen - tim tempat Michael Ballack mengawali pertandingan melawan salah satu klub lamanya.

Pato menunjukkan bahwa istirahat tambahan yang diberikan oleh pelatih Milan Massimiliano Allegri setelah kembali dari Copa America terbayar saat ia membuka skor saat pertandingan baru dimulai.

Pemain asal Brazil - yang bertunangan dengan putri pemilik AC Milan dan Perdana Menteri Italia Silvio Berlusconi - menerobos jebakan offside Barcelona untuk melaju dan menyorongkan bola melewati kiper Victor Valdes.

Gol yang tercipta pada detik ke-24 itu adalah gol tercepat kelima dalam sejarah Liga Champions.

Akan tetapi Barca, menyamakan kedudukan menjelang akhir babak pertama ketika Lionel Messi berhasil melewati dua pertahanan Milan di kotak penalti dan mengarahkan umpan silang rendahnya, yang oleh Pedro disarangkan ke gawang lawan.

Tim tuan rumah, mendapat pukulan ketika pada menit ke-39 Andres Iniesta harus keluar lapangan karena cedera sehingga digantikan oleh Cesc Fabregas.

Namun itu tidak menghentikan dominasi mereka dalam pertandingan dan tendangan bebas Villa membawa mereka unggul meskipun pada akhir pertandingan disamakan kedudukannya.

Arsenal menyarangkan bola menjelang turun minum setelah kerja sama yang rapi antara van Persie dan Theo Walcott dan diselesaikan dengan baik oleh van Persie, namun Dortmund berhasil menyamakan kedudukan berkat gol Perisic.

Asisten manajer Arsenal Pat Rice - Arsene Wenger sedang menjalani larangan berada di tepi lapangan - puas dengan hasil tersebut.

"Bertahan dengan kegigihan seperti itu adalah keterampilan berkualitas tinggi dan menurut saya tidak banyak tim yang datang ke sini dan mendapat hasil," kata Rice.

"Tentu saja, kami akan senang jika mendapat kemenangan di sini, tetapi anda bisa mengatakan masing-masing satu poin adalah hasil yang baik."

Pelatih Dortmund Jurgen Klopp gembira dengan penampilan tim mudanya.

"Ini pertandingan yang hebat, tetapi sayangnya itu lah sepak bola kadang-kadang," kata Klopp.

"Kami bermain sangat, sangat baik selama 90 menit: kami nekad, kami berani dan pada akhirnya kami mendapat ganjarannya."

Chelsea dan Leverkusen keduanya harus menerima kenyataan dibatalkan golnya pada babak pertama tetapi klub asal London itu memimpin pada babak kedua melalui usaha brilian David Luiz.

Pemain Spanyol yang dikontrak baru-baru ini Juan Manuel Mata menambahkan gol kedua pada tambahan waktu.

"Jika ada hasil yang adil, itu akan menjadi kemenangan Chelsea. Namun memalukan, diperlukan waktu lama untuk datangnya gol kedua," kata manajer Chelsea Andre Villas-Boas.

Klub lama bos Chelsea Andres Villas-Boas, Porto, klub yang dipimpinnya untuk meraih trofi Liga Europa musim lalu, bangkit dari ketertinggalan untuk mengalahkan perempat finalis Liga Champions Shakhtar Donetsk 2-1.

Marseille belum pernah menang pada Liga Prancis musim ini tetapi mereka mengabaikan penampilan buruk itu untuk memenangi pertandingan tandang 1-0 di kandang Olympiakos, satu gol dari bintang asal Argentina Lucho Gonzalez membuktikan perbedaannya.

Pelatih Marseille Didier Deschamps mengatakan bahwa kemenangan yang sangat dibutuhkan itu akan menghapus kemuraman.

"Itu akan memberi kami sedikit kedamaian dan percaya diri mengingat situasi saat ini.

"Kami tidak tertekan, hanya kecewa dan frustrasi."
(*)

Editor: AA Ariwibowo
Copyright © ANTARA 2011