Jakarta (ANTARA News) - Siti Lastrijah, istri mantan Duta Besar Indonesia untuk Jepang Jusuf Anwar, meninggal pada usia 68 tahun di Jakarta, Rabu.

Jenazah akan dimakamkan di Tempat Pemakaman Umum Tanah Kusir pada Kamis (15/9) pukul 10.00 WIB.

"Istri saya meninggal setelah berjuang kurang lebih 26 tahun melawan penyakit komplikasi kanker sejak 1986," kata Jusuf Anwar yang ditemui ANTARA di rumah duka Jalan Bangka Jakarta Rabu malam.

Jusuf menjelaskan, berbagai usaha untuk menyembuhkan penyakit yang diderita oleh istrinya itu sudah dilakukan. Namun hampir semua dokter, baik di Jepang maupun di Indonesia, mengatakan bahwa kanker tersebut sudah tidak bisa disembuhkan.

"Istri saya adalah pejuang yang tangguh, dia tidak pernah putus asa ataupun mengeluh berlebihan meskipun kanker itu menyiksanya," katanya.

Sejumlah tokoh turut hadir untuk melayat pada Rabu malam itu antara lain Menteri Kebudayaan dan Pariwisata Jero Wacik, Wakil Menteri Keuangan Anny Ratnawati, dan Ketua Badan Pemeriksa Keuangan, Hadi Poernomo.

Menurut Jusuf, pemakaman Siti Lastrijah akan dihadiri oleh istri Presiden Susilo Bambang Yudhoyono, Ibu Ani Yudhoyono.

Jusuf yang sejak 2005 menjabat sebagai Duta Besar Indonesia untuk Jepang sebelumnya menjabat sebagai Menteri Keuangan Kabinet Indonesia Bersatu pada 2004 sampai 2005 untuk kemudian digantikan oleh Sri Mulyani Indrawati.

Jusuf juga pernah menjabat Ketua Dewan Pengawas Pasar Modal (1998-2000) dan Direktur Eksekutif Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank, pada 2000-2004. (SDP-14/A023/K004)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011