Banjarmasin (ANTARA News) - Laporan terbaru mengenai insiden terbakarnya KM Marina Nusantara di perairan Barito, Kalimantan Selatan menyebutkan bahwa hingga hari ini pukul 16.00 WIB masih ada 15 penumpang kapal itu yang belum ditemukan.

Ada beberapa keluarga yang hari ini mendatangi posko korban KM Marina di Rumah Sakit Dr R Soeharsono Banjarmasin dan melaporkan bahwa anggota keluarganya yang menumpang KM Marina belum juga kembali ke rumah.

Tim SAR masih mencari korban yang belum ditemukan dengan menyisiri lokasi terjadinya tabrakan dan terbakarnya KM Marina.

Kepala Cabang KM Marina Nusantara Banjarmasin, Lukman L Hakim, mengatakan, pihaknya telah mengkonfirmasikan ke Surabaya tentang kebenaran jumlah penumpang sebagaimana tertera dalam manifest yakni 443 orang.

Dari nama-nama yang ada di manifest tersebut, kata dia, seluruhnya telah ditemukan dan sebagian sudah pulang ke rumah dan sebagian lainnya sedang dalam perawatan.

"Berdasarkan manifest jumlah penumpang sudah lengkap sebanyak 443 orang," kata Lukman ditemui disela kunjungan Gubernur Kalsel Rudy Ariffin ke lokasi kejadian.

Tentang simpang siurnya data jumlah penumpang, Lukman kembali mengatakan bahwa sampai sekarang yang menjadi pegangan adalah manifest, namun demikian pihaknya tetap akan menerima bila ada laporan tentang penumpang KM Marina.

"Kalau ada yang melapor sebagai penumpang Marina tetap akan kita terima, namun berdasarkan manifest jumlah penumpang sebanyak 443 orang," katanya.

Gubernur Kalsel Rudy Ariffin meminta agar pihak-pihak terkait terus mengawal masalah ini sesuai dengan fungsi dan tugasnya.

Selain itu, gubernur juga berharap dibentuk tim untuk memastikan banyaknya penumpang KM Marina, sehingga bisa diketahui berapa jumlah korban yang telah ditemukan dan yang belum.

(U004/Z003)

Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2011