Jakarta (ANTARA News) - Menteri Keuangan Agus Martowardojo mengatakan salah satu tujuan pemerintah mengadakan sensus pajak nasional adalah untuk mencari potensi 1,5 juta Wajib Pajak (WP) baru yang diharapkan dapat membantu untuk meningkatkan penerimaan pajak.

"Kita harapkan pada akhir tahun 2011 ada tambahan WP 1,5 juta. Ini yang akan kita lakukan di 300 kantor pelayanan pajak di seluruh Indonesia untuk melakukan sensus pajak tadi," ujarnya saat ditemui seusai meresmikan sensus pajak nasional di Jakarta, Jumat.

Menkeu mengharapkan sensus ini menjadi program sosialisasi dan edukasi.

"Supaya masyarakat yang sekarang ini belum menjadi WP, mereka siap untuk menjadi WP. Tadi kan saya sampaikan, dari individu yang membayar dibandingkan total penduduknya, yang harusnya membayar pajak kan masih rendah sekali. Itu yang kita harus tingkatkan," ujarnya.

Direktur Jenderal Pajak Fuad Rahmany menambahkan sensus ini harus bermanfaat untuk meningkatkan basis penerimaan pajak dan mengharapkan target 1,5 juta WP baru tercapai pada akhir 2011.

Fuad menjelaskan para petugas sensus akan turun langsung ke lapangan dan prioritas pencatatan terutama pada tempat-tempat usaha serta rumah masyarakat kelompok menengah keatas yang belum membayar pajak.

"Kita harus punya prioritas yang kita lakukan sensus adalah tempat usaha karena yang mudah kita akses kan itu, kita punya potensi yang besar. Kemudian kalau untuk orang pribadi kita berdasarkan data base kita, nanti kita lihat mana orang pribadi yang kaya dan belum bayar pajak, tentunya akan kita himbau untuk bayar pajak," ujar Fuad.
(ANT)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011