Kampala (ANTARA News) - Menteri Luar Negeri Uganda Sam Kutesa dan dua pejabat senior lain partai yang berkuasa mengumumkan pengunduran diri mereka, Rabu, karena tuduhan menyalahgunakan uang untuk mengadakan pertemuan puncak Persemakmuran pada 2007.

Kutesa, Menteri Muda Perburuhan Mwesigwa Rukutama dan John Nasasira, pemimpin di parlemen dari partai yang berkuasa, mundur sebelum pemeriksaan kasus mereka di depan pengadilan anti-korupsi, Kamis.

"Kami pasti akan mengambil kesempatan untuk membela ketidakbersalahan kami dan menunjukkan bahwa kami tidak bersalah atas kejahatan yang dituduhkan," kata mereka dalam sebuah pernyataan bersama.

"Kami, dalam upaya untuk memungkinkan bagi proses pengadilan itu, yang kami sangat percayai, dan untuk kepentingan partai yang kami masuki dan pemerintah yang kami layani, kami menganggap bijaksana dan perlu sekali untuk berusaha meninggalkan pemerintah yang menunjuk kami untuk kami meminggir, hingga masalah ini selesai."

Ketiganya menghadapi tuduhan menyalahgunakan kekuasaan dan menyebabkan kerugian keuangan 4,8 juta dolar AS tender untuk memperbarui hotel Speke Resort sebelum Pertemuan Kepala-kepala Negara Persemakmuran 2007 di Kampala.
(S008)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011