Lisbon (ANTARA News) - Eropa perlu menarik tindakan "bazoka" untuk meyakinkan pasar yang serius tentang mengatasi krisis utang zona euro, kepala regulator pasar saham Eropa mengatakan Kamis.

"Saya pikir sangat penting untuk memiliki langkah-langkah meyakinkan dan juga untuk memiliki tindakan tepat waktu," kata Steven Maijoor, ketua Otoritas Sekuritas dan Pasar Eropa.

"Kecepatan untuk solusi sangat penting," tambahnya, sehingga pemimpin Eropa harus bergegas untuk mempersiapkan dalam beberapa minggu langkah-langkah untuk mengatasi krisis utang zona euro yang telah merusak kepercayaan dan mengancam untuk menjerat bank-bank.

Otoritas Eropa bergegas untuk mempersiapkan langkah-langkah untuk menopang bank-bank di tengah meningkatnya kemungkinan bahwa mereka memegang utang Yunani yang akan mengambil kerugian lebih besar.

"Kita perlu untuk mendapatkan bazoka keluar untuk meyakinkan pasar," kata Maijoor pada konferensi di ibukota Portugal, Lisbon, menambahkan sejauh ini Eropa belum dapat melakukan hal ini.

"Kita sekarang telah melihat tahun ini bahwa penundaan untuk mendapatkan solusi bagi krisis telah menjadi biaya yang serius untuk kita semua," tambahnya. (A026)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011