Bogor (ANTARA News) - Lebih dari seribu orang warga Bogor dan Jakarta memenuhi Masjid Muamar Qaddafi di Sentul, Bogor, Jawa Barat, untuk melaksanakan shalat Idul Adha.

Jamaah umumnya datang dengan mobil pribadi, sehingga halaman parkir masjid yang dibangun atas bantuan yayasan milik mantan pemimpin Libya tersebut penuh.

Meskipun jamaah cukup banyak, namun semuanya dapat tertampung di ruangan utama masjid yang besar dan megah tersebut.

Shalat Id dipimpin oleh imam KH Jalaluddin Hafidz, dan khotbah oleh KH Tengku Zulkarnaen, sedangkan acara penyembelihan hewan kurban dipimpin oleh ketua majelis Adz-Dzikra KH Arifin Ilham.

Tahun ini Masjid Muamar Qaddafi menyembelih 10 ekor sapi dan enam kambing.

Dalam khutbahnya, Tengku Zulkarnaen mengimbau jamaah untuk bersyukur atas nikmat Allah SWT yang telah memberikan kesehatan dan ketentraman sehingga dapat menghadiri shalat Idul Adha tersebut.

"Banyak saudara-saudara kita di tempat lain yang tidak seberuntung kita, mereka terkena bencana atau peperangan sehingga tidak dapat beribadah dengan tenang," kata khatib.

Khatib juga menguraikan kembali mengenai sejarah kurban yang telah dilakukan oleh Nabi Ibrahim AS.

Setelah shalat, banyak para jamaah beserta keluarganya masing-masing memanfaatkan kehadirannya untuk melihat-lihat serta berfoto di depan masjid tersebut.
(T004/A027)

Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011