Jenewa (ANTARA News) - Lebih dari 3.500 orang telah tewas dalam tindakan keras  Suriah terhadap para penentangnya, kata komisi hak asasi manusia PBB.

"Tindakan keras kejam terhadap para pembangkang di Suriah sejauh ini telah merenggut nyawa lebih dari 3.500 warga Suriah," kata Ravina Shamdasani, juru bicara Komisaris Tinggi PBB untuk HAM.

"Lebih dari 60 orang dilaporkan telah ditewaskan oleh militer dan pasukan keamanan sejak Suriah menandatangani rencana perdamaian yang disponsori oleh negara-negara Liga Arab, termasuk sedikitnya 19 orang pada Idul Adha, Ahad," katanya.

Pemerintah Presiden Bashar al-Assad telah menandatangani rencana perdamaian Liga Arab pada 2 November lalu.

Suriah pada Sabtu mengatakan mereka telah membebaskan lebih dari 550 orang yang ditangkap pada saat demonstrasi anti-rezim, untuk menandai perayaan Idul Adha oleh umat Islam.

"Tentara Suriah terus menggunakan tank dan senjata berat untuk menyerang desa-desa tempat tinggal di kota Homs," katanya, merujuk ke kota titik nyala tempat protes terhadap pemerintah Bashar al-Assad diadakan di sebagian besar distrik meskipun ada tindakan keras militer berpekan-pekan lamanya.
(S008)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2011