Palu (ANTARA News) - Pemkab Sigi di Sulawesi Tengah akhirnya menunda sementara pelaksanaan Festival Danau Lindu (FDL) ketiga karena adanya bencana alam banjir bandang di daerah itu.

"Saat ini kami lagi konsentrasikan penanganan korban banjir bandang di Desa Bolapapu, Kecamatan Kulawi," kata Bupati Aswadin Randalembah, Rabu.

Bupati Aswadin mengatakan, kalau kegiatan itu masih bisa ditunda, tetapi soal bencana alam memerlukan penanganan secepatnya.

Karena itu, Pemkab Sigi mengambil kebijakan untuk menunda pelaksanaan FDL hingga Januari 2012.

Menurut dia, bencana alam banjir bandang yang menghajar tiga dusun di Desa Bolapapu merupakan bencana terbesar yang memerlukan perhatian serius dari pemerintah.

Pemerintah Kabupaten Sigi, dan Pemerintah Provinsi berusaha agar dalam masa tanggap darurat ini, penanganan pengungsi korban banjir bandang mendapat perhatian prioritas dari lainnya.

Bahkan untuk kelancaran, dan tertibnya penyaluran bantuan kepada korban, pak Wakil Gubernur Sulteng H Sudarto langsung memintakan Wakil Bupati Sigi Livinbgstone Sangot sebagai penanggung jawab posko bencana yang dipusatkan di Dusun Bomba.

"Jadi kegiatan festival ditunda sementara waktu karena adanya bencana alam banjir bandang di Desa Bolapapu," kata Bupati Aswadin.
(BK03)





Editor: Desy Saputra
Copyright © ANTARA 2011