Kami terlihat lebih matang"
London (ANTARA News) - Arsenal ingin merayakan ulang tahun ke-125 dengan meraih kemenangan atas Everton pada pertandingan Liga Utama Inggris di Stadion Emirates, Sabtu.

Tanggal bersejarah ini datang setelah pasukan Arsene Wenger di tengah berhasilnya kembali klub itu ke jalur kemenangan, setelah mengawali musim ini dengan performa tidak meyakinkan.

Arsenal kalah dari klub Yunani, Olympiakos, tengah pekan lalu, namun kemudian memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Champions. Sementara, di liga domestik, mereka tidak terkalahkan dalam tujuh pertandingan terakhir.

Wenger yakin performa bagus timnya saat ini berkat pemain-pemain yang ia datangkan pada bursa transfer musim panas silam, di mana mereka membawa lebih banyak pengalaman kepada tim, sementara pemain-pemain mudanya merespons dengan perubahan.

"Kami terlihat lebih matang, saya harus berkata demikian," kata Wenger. "Anda dapat merasakannya pada masa-masa sulit di pertandingan, di mana kami tidak panik dan tidak memberi gol mudah pada lawan. Itu sangat menyenangkan."

Perjalanan tidak terkalahkan dibangun dari gol-gol kapten Robin van Persie yang telah mencetak 13 gol dari sepuluh penampilan terakhirnya untuk Arsenal.

Penyerang internasional Belanda ini sempat cedera sejak didatangkan dari Feyenoord tujuh tahun silam, namun musim ini ia sama sekali tidak tertimpa cedera dan memimpin timnya dengan keteladanan.

"Ketika anda melihat sang pemain datang, dan sang pemain pada hari ini, maka anda harus memberinya penghormatan," tambah Wenger.

"Transformasinya luar biasa," kata pelatih asal Prancis ini, yang timnya masih tertinggal sepuluh poin di belakang pemuncak klasemen, Manchester City.

"Kami semua bermain sepak bola karena kami ingin menikmatinya. Ia adalah pecinta sepak bola. Ia melihat rekaman video, dan mengetahui segalanya mengenai permainan ini."

Walau demikian, hantaman cedera masih melilit beberapa pemain Arsenal, seperti Andre Santos yang mengalami cedera pergelangan kaki, Abou Diaby (otot hamstring), Jack Wilshere (pergelangan kaki), Carl Jenkins (punggung), Kieran Gibbs (perut), dan Bacary Sagna (pergelangan kaki).

Everton menatap partai ini dengan harapan dapat kembali meraih kemenangan, setelah pada pertandingan terakhir kalah dari Stoke City.

"Arsenal memulai dengan lambat, tetapi mereka memiliki kualitas hebat pada seluruh (anggota) tim dan akan sangat bagus jika bisa menghentikan mereka pada Sabtu," kata gelandang Everton, Seamus Coleman.

Sementara Kapten Everton, Phil Neville mengharapkan pelatih David Moyes memperbaiki tim ketika bursa transfer dibuka kembali Januari nanti. Saat ini Everton masih berada di papan tengah klasemen.

"Saya pikir masuknya pemain baru akan membuat semua orang terdorong," katanya seperti dikutip AFP.(*)

H-RF/T009

Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2011