Makassar (ANTARA News) - Sebanyak 50 judul buku ajar yang memenuhi syarat yang dibuat para dosen Kopertis IX Sulawesi tahun 2012 akan diberikan insentif.

Insentif itu merupakan upaya untuk memotivasi sekaligus tantangan bagi dosen untuk menulis buku ajar dan dananya akan diserahkan pada Hari Pendidikan Nasional, 2 Mei 2012, kata Sekretaris Kopertis Wilayah IX Sulawesi, Drs H. Ibrahim Saman, MM, di Makassar, Selasa.

Tahun 2011, lanjut Ibrahim, Kopertis memberikan insentif bagi 30 dosen yang menghasilkan karya buku. Pemberian insentif guna menggairahkan dan mendorong dosen terutama para guru besar untuk menghasilkan karya buku ajar setiap tahun.

Sebab, kenyataan selama ini masih relatif sedikit dosen yang menghasilkan karya buku, kata Ibrahim.

Buku yang diterbitkan dosen Kopertis IX, dibanding sekitar 9.000 Dosen Diperbantukan Kopertis (DPK) dan Dosen Tetap Yayasan (DTY), masih relatif sedikit. Buku yang terbit selama ini belum terlalu banyak, masih perlu terus dimotivasi dan dirangsang agar para dosen itu setiap tahun menghasilkan buku ajar.

Saat itu juga dilakukan bedah buku karya dosen Kopertis IX, yakni buku berjudul "Dewan Perwakilan Daerah dalam sistem perwakilan Indonesia" penulis Rektor Universitas 45, Prof Dr Abd Rahman, SH, MH serta buku "Dimensi interaksi aktor dalam proses perumusan kebijakan publik" penulis Dekan FISIP Universitas Muhammadiyah Makassar, Dr Muhlis Madani, MSi.

Tampil selaku pembedah, Ketua STIE YPUP Makassar Dr H. Kamal Hijaz, SH, MH dan anggota DPRD Kota Makassar, Ir H. Haris Yasin Limpo, MM. Moderator.

Ketua Panitia Pelaksana, Muh Yahya Mustafa menambahkan, pameran dan bedah buku dilaksanakan satu hari. Buku yang dipamerkan adalah karya para dosen sekitar 100 judul. Peserta pada bedah buku, berasal dari para dosen Kopertis yang menyebar pada beberapa kampus di Makassar. (HK/F003)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2011