Selasa, 23 Desember 2014

10 hotel Indonesia sabet ASEAN Green Award

| 138 Views
id ASEAN, hotel
10 hotel Indonesia sabet ASEAN Green Award
Ilustrasi Hotel di Indonesia (ANTARA/Noveradika)
Green Award diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan kali ini merupakan perhelatan ketiga, pertama penghargaan di Thailand tahun 2008 dan kemudian tahun 2010 di Brunei Darussalam.
Manado (ANTARA News) - Sebanyak 10 hotel yang beroperasi di Indonesia menerima penghargaan ASEAN Green Hotel Recognition Award 2012 karena menerapkan prinsip ramah lingkungan dalam operasionalnya.

Ke-10 hotel di Indonesia tersebut yakni Matahari Beach Resort & Spa (Bali), Discovery Kartika Plaza Hotel (Bali), Holiday Inn Resort (Batam), Angsana (Bintan), Melia Benoa (Bali), Losari Spa Retreat & Coffee Plantation (Magelang), St. Regis Bali Resort(Bali), Melia Bali Villa & Spa Resort, Dharmawangsa Jakarta, dan Hotel Gran Melia Jakarta.

Penyerahan penghargaan tersebut diserahkan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Indonesia Mari Elka Pangestu.

Pangestu mengatakan, Green Award diselenggarakan setiap dua tahun sekali dan kali ini merupakan perhelatan ketiga, pertama penghargaan di Thailand tahun 2008 dan kemudian tahun 2010 di Brunei Darussalam.

Prinsip ramah lingkungan menjadi aspek utama penilaian, sebagaimana yang diatur dalam dokumen yang menggagas ASEAN Green Hotel Standard, seperti yang telah disepakati bersama oleh seluruh negara anggota ASEAN sejak pertama kali dirancang di tahun 2007.

Dokumen ini mencakup sejumlah kriteria dan persyaratan utama sebagai kebijakan lingkungan dan aktivitas pengoperasian hotel, yakni pemanfaatan dan penggunaan green products, kerjasama dengan masyarakat dan organisasi lokal, sumber daya manusia, pengolahan sampah, efisiensi air, pengelolaan kualitas udara (baik yang di dalam maupun luar ruangan), pengendalian polusi suara, pengolahan air, dan pengendalian pemakaian zat-zat kimia.

Persaingan ketat di industri perhotelan menjadi faktor pendorong terwujudnya Green Hotel Standard, dengan tujuan penganugerahan ini meningkatkan kesadaran dalam kepedulian lingkungan di tengah iklim pemanasan global bagi pelaku industri perhotelan, meningkatkan daya saing industri hotel dalam meraih peningkatan jumlah tamu, meningkatkan kualitas layanan seluruh hotel di kawasan ASEAN demi mendukung ASEAN sebagai tujuan wisata tunggal (a single tourism destination).

Penghargaan ramah lingkungan juga diberikan kepada hotel di seluruh negara ASEAN yang diusulkan masing-masing 10 hotel.

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga