Minggu, 21 Desember 2014

Jepang dan Mongolia akan kerja sama pertahanan

| 1.507 Views
id jepang, mongolia, kerja sama pertahanan
Ulan Bator (ANTARA News) - Kementerian Pertahanan Mongolia dan Dinas Pertahanan Jepang menandatangani nota kesepahaman terkait kerja sama kedua pihak, Rabu, menurut dinas layanan media kantor kepresidenan Mongolia.

Dinas layanan media tersebut melaporkan, Presiden Mongolia Tsakhia Elbegdorj pada Rabu bertemu dengan Menteri Pertahanan Jepang Yasuo Ichikawa, yang sedang berkunjung selama dua hari ke Mongolia, lapor Xinhua.

Dalam pertemuan itu, Presiden Elbegdorj mengatakan dirinya senang bahwa seorang anggota kabinet merupakan tamu asal Jepang pertama yang berkunjung dalam peringatan 40 tahun hubungan diplomatik Mongolia-Jepang.

Presiden Mongolia itu mengatakan dirinya puas dengan kerja sama yang dilakukan Jepang dan Mongolia saat ini.

Menhan Jepang itu berterima kasih kepada rakyat Mongolia atas bantuan yang besar kepada Jepang selama bencana tsunami melanda negeri itu. Ia mengatakan deklarasi bersama terkait kemitraan strategis telah ditandatangani pada 2010, sehingga penandatanganan nota kesepahaman antar kementerian pertahanan itu telah memperluas kesempatan kerja sama kedua negara.

Selama bertemu, kedua pejabat itu berdialog dan bertukar pikiran terkait kerja sama pertahanan antar kedua negara.

Mereka juga mendiskusikan kemungkinan mengubah kamp pelatihan penjaga perdamaian di Mongolia menjadi sebuah pusat pelatihan penjaga perdamaian internasional. Elbegdorj dan Yasuo juga membahas pelatihan perwira senior Mongolia di sekolah militer Jepang dan akademi, serta kerja sama dalam kerangka operasi penjaga perdamaian Perserikatan Bangsa Bangsa. (P012/M014)

Editor: B Kunto Wibisono

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga