Jakarta (ANTARA News)  – Danone kembali meluncurkan program kompetisi bisnis "Trust", suatu kompetisi bisnis yang dirancang khusus untuk mahasiswa yang ingin mendapatkan wawasan nyata ke isu dunia usaha saat ini.

Keterangan tertulis di Jakarta, Kamis, menyebutkan bahwa kegiatan Trust Day diadakan  di Jakarta, Kamis, yang diikuti para mahasiswa dari 9 universitas di Indonesia untuk merancang sebuah strategi bisnis bagi Danone.

"Trust adalah inisiatif global Grup Danone, namun di Indonesia, Trust lebih dari sekedar kompetisi. Ini adalah bagian dari komitmen kami untuk generasi muda dan bentuk dukungan kami kepada bidang pendidikan di Indonesia, melalui kerjasama dengan universitas-universitas di Indonesia," kata Rudolf Saut, VP HR Danone Aqua yang menjadi Country Leader Trust 2012 Indonesia.

Rudolt mengatakan, Danone di Indonesia sudah melakukan road show dari Oktober - Desember 2011 mengunjungi 20 universitas untuk melakukan seleksi Trust, serta memperkenalkan mahasiswa kepada Grup Danone dan sebaliknya Grup Danone kepada jajaran universitas.

Mahasiswa yang terpilih menjadi peserta Trust juga akan bersaing untuk satu tahun program "Management Trainee" dan kemudian program pengembangan terstruktur untuk mempersiapkan tingkat manajer dalam waktu tiga tahun di perusahaan-perusahaan Danone di Indonesia.

Kini telah terseleksi 28 tim terbaik yang mewakili universitas masing-masing: Universitas Gajah Mada (3 tim), Universitas Indonesia (5 tim), Universitas Sumatera Utara (4 tim), Universitas Diponegoro (3 tim), Universitas Sam Ratulangi (1 tim), Prasetya Mulya Business School (3 tim), Sekolah Tinggi Manajemen PPM (3 tim), Universitas Padjajaran (3 tim) dan Institut Teknologi Bandung (3 tim).

Setiap tim terdiri dari lima mahasiswa akan mengerjakan kasus bisnis secara online melalui sebuah "software" yang dibuat khusus oleh Danone sehingga dapat diakses lewat internet. Setiap tim dituntut untuk membuat strategi bisnis perusahaan dalam kondisi waktu tiga bulan secara riil selama enam jam.

Dalam kurun waktu tersebut mereka harus mampu membuat "SWOT Analysis (Strength, Weaknesses, Opportunities, Threat)", menentukan "strategic direction, action plan dan estimasi profit & loss perusahaan" selama tiga tahun ke depan.

"Kami berharap para mahasiswa mendapat keuntungan dari pengalaman yang menarik yang telah dirancang untuk memperluas kemampuan dan memperdalam pemahaman bisnis mereka," kata  Rudolf.

Kemudian, 5 tim akan diseleksi untuk mengikuti Country Final (final nasional) Trust pada Februari 2012, dimana mereka akan berkompetisi untuk mempresentasikan strategi bisnis mereka dan berinteraksi secara singkat dengan para manajer senior Danone di Indonesia.

Selanjutnya lima tim terbaik, akan mempresentasikannya kepada para Dewan Direkur Danone di Indonesia, sehingga akhirnya terpilih satu pemenang yang akan mendapatkan hadiah mengunjungi kantor pusat Danone dan beberapa lokasi bisnis serta bertemu dengan para pimpinan Danone di Paris, Prancis. (*)

Pewarta: Ruslan Burhani
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012