Karawang (ANTARA News) - Tim tuan rumah Pelita Jaya berhasil mencukur PSPS Pekanbaru dengan skor 4-1 dalam pertandingan lanjutan Liga Super Indonesia di Stadion Singaperbangsa Kabupaten Karawang, Jawa Barat, Sabtu malam.

Empat gol Pelita Jaya tercipta dari dua gol Alexander Bajevski dan masing-masing satu gol dari Safee Salli dan Greg Nwokolo. Adapun satu-satunya gol PSPS tercipta melalui kapten kesebalasan, Herman Djumafo.

Bermain di kandang dan mendapat dukungan penuh suporternya, Pelita Jaya melakukan serangan sejak memasuki menit-menit babak pertama.

Peluang Safee terjadi pada menit ke-16. Tetapi, sayang tendangannya masih lemah dan bisa ditangkap penjaga gawang PSPS, Fauzal Mubaraq.

Baru pada menit ke-23, setelah mampu menembus barisan belakang PSPS, striker tim nasional Malaysia itu berhasil menjebol gawang PSPS. Skor 1-0 untuk Pelita Jaya.

Tim tamu PSPS juga beberapa kali membahayakan gawang Pelita Jaya yang dikawal I Made Kadek Wardana. Sampai pada menit ke-30, Ambrizal yang mendapat umpan cantik dari Djumafo mampu menjebol gawang Pelita Jaya.

Tetapi, gol itu dianulir wasit karena dinilai dalam posisi off side, sehingga, skor 1-0 atas keungulan Pelita Jaya bertahan hingga turun minum.

Walaupun sudah unggul 1-0, anak asuh Rahmad Darmawan masih terus melakukan penekanan ke jantung pertahanan lawan, pada awal-awal babak kedua.

Hasilnya, pada menit ke-47 Bajevski mampu menciptakan gol setelah memanfaatkan kesalahan antara barisan belakang dengan penjaga gawang PSPS.

Stadion Singaperbangsa yang ditempati ribuan penonton kembali bergemuruh setelah tim tuan rumah dihadiahi wasit tendangan penalti setelah salah satu pemain PSPS "handsball" di kotak penalti.

Greg Nwokolo yang menjadi algojo penalti tidak membuang kesempatan emas. Pemain Pelita Jaya bernomor punggung 7 itu berhasil melesakkan bola dari titik putih ke sisi kiri gawang PSPS pada menit ke-71. Tim tuan rumah memperbesar keunggulan menjadi 3-0.

PSPS yang mendapat serangan berusaha melakukan gol balasan untk memperkecil ketertinggalan. Tetapi kuatnya barisan belakang seperti sulit ditembus skuad PSPS. Sehingga, tim tamu hanya membuahkan peluang.

Pada menit ke-82, tandukan Zaenal Arif masih melebar dan tidak terlalu membahayakan gawang Pelita Jaya.

Walaupun PSPS beberapa kali melakukan serangan yang cukup berbahaya, justru Pelita Jaya yang berhasil menambah keunggulannya menjadi 4-0.

Gol keempat Pelita Jaya tercipta pada menit ke-83 melalui tendangan Bajevski, setelah memanfaatkan kemelut yang terjadi di depan gawang PSPS.

Sementara itu, gol tunggal PSPS baru terjadi saat injury time melalui Herman Dzumafo. Skor 4-1 atas keunggulan Pelita Jaya bertahan hingga pertandingan usai.
(T.KR-MAK/A035)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012