Penilaian dilakukan oleh Tim Direktorat Sistem Informasi (DSI) Unair, namun kategorinya banyak yakni blog guru, web-blog sekolah, dan guru penulis kreatif,"
Surabaya (ANTARA News) - Guru SMAN 16 Surabaya, Erna Rufiati, menjuarai Lomba Blog Guru Indonesia 2012, karena blog miliknya yang beralamat pada ernarufiati.guru-indonesia.net terpilih sebagai Blog Guru Terbaik Indonesia 2012.

"Penilaian dilakukan oleh Tim Direktorat Sistem Informasi (DSI) Unair, namun kategorinya banyak yakni blog guru, web-blog sekolah, dan guru penulis kreatif," kata Ketua Panitia Konferensi Nasional Guru Blogger 2012, Yuniawan Heru S.Sos MSi di Surabaya, Minggu.

Setelah Erna Rufiati, juara kedua Lomba Blog Guru Indonesia adalah Edi Topan dari SMP Negeri 5 Ulujami, Pemalang, Jawa Tengah (editopan.guru-indonesia.net).

Untuk kategori Guru Penulis Kreatif Terbaik 2012 dimenangkan oleh guru SMAN 2 Madiun Bekti Patria D yang beralamat pada bektipatria.guru-indonesia.net.

Setelah itu, juara kedua adalah Amiroh Adnan dari SMKN 3 Jombang, Jatim (amiroh.guru-indonesia.net), dan juara ketiga diraih Hafis Muaddab dari SMKN 1 Jombang, Jatim (rumah.guru-indonesia.net).

Sementara itu, web-blog sekolah terbaik 2012 dimenangkan web-blog SD Negeri Bangkal 3 Banjarbaru, Kalimantan Selatan yang beralamat pada sdnbangkal3-bjb.sch-id.net.

Dalam kaitan itu, pihak Unair juga menggelar lomba internal Unair dengan kategori The Most Contributed Website 2012 (Perpustakaan Unair), Website Universitas Terbaik 2012 (FKG, LPT, dan FKH), serta Website Departemen Terbaik 2012 (Antropologi FISIP, Biologi FST, dan Departemen Ekonomi Syariah). Ada pula Blog Dosen Terbaik dan Blog Mahasiswa Terbaik.

"Lomba itu diadakan untuk meramaikan Konferensi Nasional Guru Blogger 2012 yang dilaksanakan Direktorat Sistem Informasi (DSI) Universitas Airlangga pada 28-29 November 2012," katanya.

Baik konferensi maupun lomba, katanya, diikuti oleh ratusan guru yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia. "Hasilnya, tidak hanya secara rata-rata meningkatkan pemahaman yang semakin kuat tentang manfaat blog bagi guru, tetapi juga menorehkan juara Blog Guru," katanya.

Konferensi Nasional Guru Blogger 2012 yang dibuka Wakil Rektor I Unair Prof Dr H Achmad Syahrani MS Apt itu dihadiri Staf Ahli Menkominfo Dr Suprawoto SH MSi (Bidang Sosekbud), Prof Ir Daniel M. Rosyid PhD, M.RINA (Pakar ITS/Dewan Pendidikan Jatim), Fessy Alwi SH M.Kn (Alumni Unair/Metro TV), dan Dr Sonny Teguh Trilaksono M.Pd MBA (Senior Vice President Indosat, Tbk).

"Proses pembelajaran kreatif dengan memanfaatkan internet yang diwujudkan melalui web-blog dan blog para guru merupakan langkah positif menuju harapan di tahun 2015 bahwa semua layanan publik harus sudah berbasis internet dan dapat diakses secara on-line, termasuk pendidikan," kata Suprawoto mewakili Menkominfo Tifatul Sembiring.

Selain itu dengan lomba web-blog maka akan merangsang kreativitas para guru/pendidik untuk senantiasa melakukan inovasi dengan temuan-temuannya, kemudian temuan yang bermanfaat tersebut bisa di-share untuk orang lain.

"Bahkan tahun 2018, televisi di Indonesia juga diharapkan sudah berbasis digital, dimana kualitas gambarnya lebih bagus dan channel yang tersedia juga lebih banyak. Tetapi untuk menuju pada harapan tersebut diakui masih berat, sebab komunikasi kita baru 20 persen yang menggunakan satelit dan 80 persen memakai kabel, karena itu saat ini masih ada keluhan akibat keterbatasan bandwidth, rebutan frekuensi, dan sebagainya," katanya.
(E011/N001)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2012