Kamis, 23 Oktober 2014

Batik Tancep Gunung Kidul tembus Eropa

| 2.253 Views
id batik, batik tancep, batik keris, busana batik, gunung kidul
Batik Tancep Gunung Kidul tembus Eropa
Batik (ANTARA/Eric Ireng/dokumentasi)
Gunung Kidul (ANTARA News) - Batik motif asli Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, semakin diminati pasar nasional dan internasional, bahkan sudah menembus pasar Eropa dan Singapura.

"Batik Tancep merupakan batik asli kreasi perajin batik Gunung Kidul. Motif batik ini sudah menembus pasar Eropa dan Singapura," kata Ketua Paguyuban Pembatik Gunung Kidul Baru Sayang Diputra, Kamis.

Sayang Diputra juga menyebutkan bahwa batik ini sudah menjadi batik wajib bagi pegawai negeri sipil di lingkungan pemerintah hingga sekolah

Ia mengatakan, permintaan pasar dalam negeri dan internasional tiap bulan mencapai Rp100 juta, belum termasuk libur nasional yang selalu meningkat 10 hingga 30 persen.

Motif yang beragam juga menjadi keunggulan batik tulis tancep. Beberapa motif ini antara lain sekar jagad, gajah birowo, galaran perahu, sekar kanthil, sekar jagad dan babon angrem.

"Kami mengutamakan kualitas sehingga batik tancep semakin terkenal dan jumlah permintaan tiap bulan selalu meningkat," kata Sayang.

(KR-STR/N002)

Editor: Jafar M Sidik

COPYRIGHT © ANTARA 2012

Komentar Pembaca
Baca Juga