Empat belas dari 33 provinsi di Indonesia dipastikan akan memeriahkan...
Mataram (ANTARA News) - Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Mohammad Nuh akan membuka Gelar Tani Nusantara ke-14, yang diselenggarakan di Mataram, Pulau Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB), 7-9 Desember 2012.

"Pak Mendikbud sudah tiba di Mataram, dan akan membuka Gelar Tari Nusantara itu nanti malam, di Lapangan Sangkareang Mataram, " kata Kabag Humas dan Protokoler Setda NTB Tri Budiprayitno, di Mataram, Jumat.

Ia mengatakan, Gelar Tari Nusantara itu diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) bekerja sama dengan Dinas Kebudayaaan dan Pariwisata Provinsi NTB, serta Institut Keseninan Jakarta (IKJ).

Empat belas dari 33 provinsi di Indonesia dipastikan akan memeriahkan Gelar Tari Nusantara ke-14 itu, yang terpusat di dua lokasi yakni Lapangan Sangkareang Mataram untuk aksi luar gedung dan di Aula Taman Budaya Mataram untuk kegiatan dalam gedung.

Sesuai pedoman pelaksanaan kegiatan, Gelar Tari Nusantara itu akan menampilkan beragam tarian tradisional dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Tari Reog dari Ponorogo, Tor Tor Cawan dari Sumatera Utara, Topeng Ireng dari Jawa Tengah dan Cekepung dari Bali.

Tari lainnya yakni Pakkarena, Gawi, Nias Faluaya, tari suku Bajo, Cakalele, Tua Reta Lou, Raego Pipikoro, Gandrung, Sisingaan, Datun Julut Belian, Sentinyu, Hudog, Topeng Jipai, Tari Piring, dan Ondel-ondel. NTB sebagai tuan rumah akan menampilkan tarian tradisional Gendang Beleq dan beragam tarian khas Lombok dan Sumbawa.

Gelar Tari Nusantara itu merupakan bagian dari rangkaian kegiatan peringatan Hari Nusantara 2012 yang dipusatkan di Pulau Lombok, NTB.

Peringatan Hari Nusantara jatuh setiap tanggal 13 Desember, dan mulai diperingati sejak 1999. Secara resmi Hari Nusantara telah ditetapkan Pemerintah melalui Keppres No.126/2001.  Peringatan Hari Nusantara harus dimaknai sebagai spirit untuk mencegah disintegrasi bangsa dan menjaga serta membangun NKRI menjadi lebih baik.

Penyelenggaraan peringatan Hari Nusantara yang dilaksanakan setiap tahun, pelaksanaannya digilir dari daerah Indonesia Barat ke wilayah Indonesia Timur.

Hanya saja, puncak peringatan Hari Nusantara 2012 tidak diperingati pada 13 Desember, namun diulur ke 17 Desember bertepatan dengan puncak peringatan HUT ke-54 Pemerintah Provinsi NTB.

Tema peringatan Hari Nusantara 2012 lebih bernuasa pendidikan dan teknologi. Berbeda dengan tema Hari Nusantara 2011 di Kota Dumai Provinsi Riau, yang mengedepankan pertahanan dan keamanan serta pembangunan kelautan.

Karena itu, Kemdikbud menjadi pemimpin penyelenggara Hari Nusantara 2012, dan Gelar Tari Nusantara merupakan salah satu kegiatan utamanya.
(ANTARA)

Editor: Ella Syafputri
Copyright © ANTARA 2012