... akan mengawasi situasi pasar sementara mengamati secara seksama hal-hal di Korea Utara... "
Seoul (ANTARA News) - Dampak peluncuran roket "satelit pengamat Bumi" Korea Utara bisa terjadi pada sisi keuangan negara. Korea Selatan akan mencermati  hal itu.

Wakil Menteri Keuangan Korea Selatan, Shin Je-yoon, juga mengatakan, pemerintah bisa saja mengadakan pertemuan darurat meninjau situasi ekonomi makro dan keuangan jika kecemasan pasar tinggi karena risiko Korea Utara.

"Kami akan mengawasi situasi pasar sementara mengamati secara seksama hal-hal di Korea Utara," kata Shin, kepada pertemuan dengan para pembuat kebijakan lainnya di pusat kota Seoul.

"Jika tingkat kecemasan meninggi karena peluncuran rudal Korea Utara, kami akan mengambil tindakan yang tepat waktu dan dapat mengadakan pertemuan darurat untuk meninjau kondisi makroekonomi dan keuangan sesuai dengan kemungkinan rencana kami," tambahnya.

Pernyataan tersebut muncul di tengah meningkatnya ketegangan yang disebabkan oleh laporan-laporan media bahwa Pyongyang sedang mempersiapkan peluncuran apa yang disebut sebagai "satelit pekerja" ke ruang angkasa.

Langkah ini, bagaimanapun, dianggap oleh Seoul, Washington dan negara-negara lain sebagai kedok untuk uji rudal balistik jarak jauhnya.

(H-AK)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2012