"Zaki-Hermansyah memperoleh suara lebih tinggi."
Tangerang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) menetapkan pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tangerang, Ahmed Zaki Iskandar dan Hermansyah, sebagai pemenang dalam pemilihan umum kepala daerah (pilkada) Kabupaten Tangerang, Banten.

Ketua KPU Kabupaten Tangerang, Jamaludin, di Tangerang, Jumat, mengatakan bahwa berdasarkan hasil penghitungan suara tingkat KPU Kabupaten Tangerang dari 29 kecamatan tercatat pasangan nomor urut 2, yaitu Ahmed Zaki Iskandar dan Hermansyah, meraih suara terbanyak dalam Pilkada Kabupaten Tangerang.

"Pasangan Zaki Iskandar dan Hermansyah mendapatkan perolehan suara terbanyak dalam Pilkada Kabupaten Tangerang," kata Jamaludin saat membacakan hasil rekapitulasi penghitungan suara di Padang Golf Gading Serpong.

Adapun perolehan suara dari hasil rekapitulasi, yakni pasangan dengan nomor urut pertama, Ahmad Subadi dan Aufar Hutapea, memperoleh suara sebanyak 113.379 atau 10,49 persen.

Ahmed Zaki Iskandar dan Hermansyah mendapatkan sebanyak 599.478 (55,46%). Pasangan nomor urut 3, yakni Aden Abdul Khalik dan Suryana, mendapatkan sebanyak 148.178 (13,71%), dan pasangan nomor urut 4, yaitu Ahmad Suwandhi dan Muhli, memperoleh sebanyak 219.846 (20,34%).

Adapun total suara sah untuk keempat pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Tangerang, menurut dia, mencapai 1.080.881 suara.

"Hasil keputusan rapat pleno rekapitulasi suara menetapkan pasangan Zaki-Hermansyah memperoleh suara lebih tinggi dari tiga pasangan lain. Adapun jumlah golput sekitar 42,55 persen, dan tingkat partisipasi sekitar 57,47 persen," katanya.

Setelah mengumumkan hasil penghitungan suara, KPU, panitia pengawas (Panwas) dan para saksi pada Jumat ini menandatangani berita acara pengesahan suara pilkada Kabupaten Tangerang yang berlangsung 9 Desember 2012 dengan jumlah daftar pemilih tetap (DPT) sebanyak 1.951.387 dan 4.451 tempat pemungutan suara (TPS).

Rapat pleno terbuka penghitungan suara Pilkada Tangerang itu dilaksanakan di Padang Golf Gading Serpong, dijaga sebanyak 307 polisi dari Kepolisian Resort (Polres) Tangerang dibantu satu kompi Brigade Mobile (Brimob). (*)

Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2012