Manila (ANTARA News) - Topan Tropis Wukong, yang disebut Quinta oleh warga Filipina, membuat 5.748 penumpang terjebak di selusin pelabuhan di Filipina tengah hingga Rabu pukul 07.00 waktu setempat.

Menurut Penjaga Pantai Filipina, kebanyakan penumpang terjebak di Pelabuhan Manila (2.550 orang), Cebu  (939 orang), dan Maasin Leyte (454 orang).

Sebanyak 40 kapal dan 10 perahu motor ditambatkan di pelabuhan-pelabuhan tersebut, sementara 10 kapal berlindung di pelabuhan lain, demikian laporan kantor berita Xinhua.

Satuan Penjaga Pantai Filipina di daerah terpengaruh topan berada siaga penuh dan terus memantau perkembangan serta dampak dari gangguan cuaca dan melarang keras kapal beroperasi.

Topan Tropis Wukong sedikit melemah setelah memasuki daratan di Leyte dan Filipina timur, Selasa malam (25/12), dan kini melintasi Pulau Camotes.

Menurut Biro Cuaca Negara, PAGASA, pukul 07.00 waktu setempat Rabu, pusat Topan Wukong diperkirakan berada di Pulau Bantayan, Cebu.

PAGASA memperingatkan perahu nelayan dan kapal kecil lain agar tidak melaut di sekitar Luzon dan wilayah Visayas serta Mindanao.

(C003)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2012