Kamis, 23 Oktober 2014

"Babel Beach Festival" digelar tahun ini

| 1.804 Views
id bangka belitung, festival pantai, babel beach festival
Pangkalpinang - (ANTARA News) - Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Babel) akan menggelar "Babel Beach Festival" pada pertengahan tahun ini.

"Tahun ini, selain akan ada acara-acara rutin tahunan, kita akan mengadakan Babel Beach Festival," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Babel, Yan Megawandi, di Pangkalpinang, Selasa.

Babel Beach Festival, kata Yan akan dimeriahkan dengan berbagai kegiatan rekreasi pantai seperti lomba-lomba dan pameran.

"Nanti di sana akan ada pameran kerajinan, pagelaran seni dan budaya, serta perlombaan-perlombaan yang setting tempatnya ada di pantai," kata Yan.

Yan menyebutkan, festival direncanakan akan digelar di Tanjung Pandan, Belitung.

Hingga saat ini, gelaran "Babel Beach Festival" masih dalam proses perencanaan sehingga belum dapat dipastikan tanggal pelaksanaan dan detail acara.

Meski demikian, Yan memastikan gelaran tersebut akan berlangsung meriah dan dapat dijadikan alternatif pilihan wisata di tahun 2013.

"Kami juga akan menggandeng pihak ketiga agar acaranya nanti bisa berlangsung lebih meriah," ujar dia.

Sektor pariwisata di Babel semakin bergeliat. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bangka Belitung (Babel), pada 2011 kegiatan pariwisata memiliki dampak positif terhadap perekonomian di Babel.

Dampak ekonomi pariwisata Babel terhadap produksi barang dan jasa di daerah sebesar 4,89 persen atau Rp42,71 triliun. Ekonomi pariwisata Babel berdampak sebesar 4,84 persen atau sebesar Rp29,85 triliun terhadap nilai tambah sektoral Produk Domestik Regional Bruto (PDRB).

Sementara, dampak ekonomi pariwisata terhadap kesempatan kerja sebesar 3,06 persen atau mampu menyerap 0,59 juta orang tenaga kerja.

Ekonomi pariwisata juga berdampak bagi upah dan gaji sebesar 6,86 persen atau sebesar Rp5,68 triliun. Selain itu, ekonomi pariwisata juga berdampak pada penciptaan pajak sebesar 6,51 persen atau sebesar Rp0,52 triliun.

Dibanding dengan provinsi lain, misalnya Riau, kontribusi ekonomi pariwisata Babel lebih besar, misalnya untuk PDRB Riau hanya Rp4,52 triliun.
(I027)

Editor: Ella Syafputri

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga