Kami (pengurus dan anggota Liga Budaya NasDem, red) menyatakan mengundurkan diri, karena situasi yang ada sudah tidak kondusif,"
Jakarta (ANTARA News) - Beberapa pengurus dan anggota Liga Budaya Nusantara (Gayantara), organisasi sayap Partai NasDem memutuskan mengundurkan diri karena merasa idealisme yang diperjuangkan partai tersebut telah berubah.

"Kami (pengurus dan anggota Liga Budaya NasDem, red) menyatakan mengundurkan diri, karena situasi yang ada sudah tidak kondusif," kata Ketua Umum Liga Budaya Nusantara NasDem Andre Hehanusa di Jakarta, Selasa.

Andre mengatakan bahwa perkembangan politik di tingkat internal Partai NasDem sudah tidak kondusif sejalan dengan keterpilihan Surya Paloh pada kongres pertama lalu.

Dalam pernyataan sikapnya, Andre menyebutkan, bahwa organisasi sayap yang dipimpinnya selama ini berupaya memperjuangkan cita-cita gerakan perubahan yang digerakkan oleh kaum muda. Gayantara NasDem tidak berkenan dengan cara-cara kotor sejumlah tokoh di tubuh Partai NasDem melalui politik jalan pintas.

Terlebih, adanya pemecatan sejumlah kader Partai NasDem melalui jalur-jalur inkonstitusional. Politik jalan pintas dan pemecatan itu dinilainya akan memengaruhi sistem dan etos kerja partai dan sayap-sayapnya. Bahkan, tidak menutup kemungkinan akan meluluhkan cita-cita gerakan perubahan Partai NasDem.

"Bagi kami politik adalah soal mengorganisasikan pikiran, dan itu tercermin dalam AD/ART organisasi. Semuanya membentuk mekanisme kerja organisasi yang hidup dan saling mendukung satu dengan yang lain," ucap Andre.

Beberapa pengurus yang turut mengundurkan diri, yakni Sekjen I Gusti Agung Anom Astika, Wasekjen Cesillia Aida, Bendum Henry Suparman, Wabendum Jainal Abidin dan seluruh ketua divisi berikut anggotanya.

Sekjen Gayantara, I Gusti Agung menambahkan, keinginan rekan-rekannya bergabung Gayantara NasDem didasari oleh niat dan semangat gerakan perubahan, tetapi idealisme itu dalam prosesnya justru berkebalikan, karena tidak pernah direalisasikan dengan sungguh-sungguh.

"Kami kecewa dengan keadaan yang demikian," katanya.

Rencananya, seluruh pengurus yang mengundurkan diri itu akan mengembalikan surat keputusan nomor 1200-SK/DPP-NasDem/X/2012 mengenai pembentukan Gayantara ke DPP Partai NasDem.
(S037/Z003)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013