Kini, lingkungan strategis di kawasan Asia-Pasifik terus berubah secara dinamis. Dalam perubahan ini, menjalin hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara ASEAN membantu perdamaian dan stabilitas kawasan itu dan ini adalah kepentingan nasional Jep
Tokyo (ANTARA News) - Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe tidak akan mengumumkan apakah Jepang bergabung dengan perundingan perdagangan bebas Pasifik yang dipimpin oleh Amerika Serikat ketika ia mengunjungi Washington akhir bulan ini untuk melakukan pembicaraan dengan Presiden Barack Obama., sumber pemerintah mengatakan Kamis.

Abe mencapai keputusan seperti banyak anggota Partai Liberal Demokrat berhati-hati tentang partisipasi Jepang dalam perundingan Kemitraan Trans-Pasifik (TPP) di tengah protes keras dari para petani, pendukung tradisional LDP, yang takut masuknya potensi impor murah di bawah perjanjian perdagangan bebas.

Abe mengatakan pada pertemuan komite Diet pada Kamis, bahwa "Ini bukan berarti saya harus menyatakan apakah Jepang akan bergabung (dengan pembicaraan TPP) menjelang KTT Jepang-AS."

Bulan Januari, Perdana Menteri Jepang Shinzo Abe melakukan kunjungan pertama ke luar negeri ke negara-negara Asia termasuk Vietnam, Thailand dan Indonesia sebelum melakukan lawatan ke Amerika Serikat.

"Kini, lingkungan strategis di kawasan Asia-Pasifik terus berubah secara dinamis. Dalam perubahan ini, menjalin hubungan yang lebih dekat dengan negara-negara ASEAN membantu perdamaian dan stabilitas kawasan itu dan ini adalah kepentingan nasional Jepang," katanya. (AK)

Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013