Peristiwa itu tidak terkait sama sekali dengan pilkada...
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Gamawan Fauzi mengatakan peristiwa penembakan di Papua tidak berkaitan dengan hasil pemilihan kepala daerah (pilkada).

"Peristiwa itu tidak terkait sama sekali dengan pilkada, dan kemarin partisipasi pilkada di sana tidak ada masalah," kata Gamawan di Kantor Kementerian Dalam Negeri Jakarta, Jumat.

Ia mengatakan, kemungkinan ketegangan di wilayah Papua berhubungan dengan aksi kelompok separatis.
"Dugaan awal kelompok separatis, ini sedang dicari tahu apa masalahnya," tambah dia.

Gamawan menekankan bahwa ketegangan di Papua tidak berhubungan dengan kondisi pascapemilihan kepala daerah di daerah-daerah yang ada di wilayah paling barat Tanah Air tersebut.

Dia mengaku telah berkomunikasi dengan gubernur setempat dan mendapat laporan bahwa penyelenggaraan pemilihan kepala daerah berjalan baik.

Sementara Kepala Kepolisian Daerah Papua, Irjen Pol Tito Karnavian, tidak menutup kemungkinan kasus penembakan di Sinak, Kabupaten Puncak, Papua, pada Kamis (21/2) berhubungan dengan pilkada.

"Kemungkinan itu bisa saja," katanya serta menambahkan bahwa polisi masih melakukan penyelidikan untuk mengungkap pelaku dan motif penembakan tersebut.

(F013*E006)

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013