... Jepang akan bersikap tenang dalam menghadapi sengketa... "
Tokyo (ANTARA News) - Satuan Penjaga Pantai Jepang mengatakan tiga kapal pengintai China berlayar di perairan Kepulauan Senkaku, Kamis. China terus-menerus menampik protes mereka, dengan tetap melayarkan kapal-kapalnya di sana.

Tiga kapal pengintai China memasuki zona teritorial 12 mil laut di lepas Pantai Uotsuri, salah satu pulau dari Kepulauan Senkaku itu, tak lama setelah pukul 07.00 waktu setempat. 

Langkah ini adalah yang terbaru dalam serangkaian gerakan kapal-kapal pemerintah China sejak Tokyo menasionalisasi tiga pulau di rantai kepulauan tersebut pada September, dalam apa yang dikatakan itu hanyalah perubahan administrasi kepemilikan. 

China sejak beberapa tahun ini sangat agresif mengklaim sepihak banyak hal sebagai miliknya. Dengan negara-negara ASEAN, China menimbulkan masalah tersendiri saat berkeras mengklaim hampir seluruh Laut China Selatan sebagai miliknya yang sah. 

Pada Minggu (24/2) Tokyo juga mengatakan, satu kapal China memasuki sejenak perairan teritorialnya di lepas pantai kepulauan yang disengketakan di Laut China Timur. Kapal China itu hanya berlayar di sana selama 16 menit karena diusir kapal patroli Jepang. 

Sementara itu Perdana Menteri Jepang, Shinzo Abe, di Washington, Jumat, mengatakan, ia telah menyampaikan kepada Presiden Amerika Serikat, Barack Obama, dalam satu pertemuan, Jepang akan bersikap tenang dalam menghadapi sengketa dengan China itu.

(H-AK/M016)

Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013