UII juga telah merealisasikan kerja sama internasional serupa beberapa waktu sebelumnya. Kami juga telah merealisasikannya, misalnya dengan beberapa universitas di Malaysia dan Korea Selatan,"
Yogyakarta (ANTARA News) - Delegasi Qassim University, Arab Saudi, mengunjungi Universitas Islam Indonesia Yogyakarta, Jumat, untuk menjajaki kerja sama dalam berbagai bidang.

"Universitas Islam Indonesia (UII) dan Qassim University sepakat untuk tidak hanya sekadar menjalin kesepakatan di atas MoU, tetapi kerja sama yang langsung disusul dengan implementasi," kata Rektor UII Prof Dr Edy Suandi Hamid.

Menurut dia saat menerima kunjungan delegasi Qassim University, UII juga terbuka untuk menerima mahasiswa dari Arab Saudi jika ingin belajar di UII untuk mengikuti beberapa program singkat.

"UII juga telah merealisasikan kerja sama internasional serupa beberapa waktu sebelumnya. Kami juga telah merealisasikannya, misalnya dengan beberapa universitas di Malaysia dan Korea Selatan," katanya.

Ia mengatakan beberapa fakultas di UII sudah menjajaki kemungkinan untuk bekerja sama di antaranya Fakultas Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Ilmu Agama Islam, dan Fakultas Kedokteran.

"Bahkan, bagi fakultas di UII yang berencana mengirimkan delegasi ke Qassim University disediakan beasiswa untuk mereka yang unggul dan linier dengan latar belakang studi sebelumnya," katanya.

Wakil Rektor Qassim University Bidang Pendidikan dan Penelitian Abdulrahman Al-wasil mengatakan, sebagaimana amanat rektor, enam delegasi Qassim diamanahi untuk menjalin kerja sama dengan perguruan tinggi Islam terlebih dengan Indonesia yang telah memiliki kerja sama baik dengan Arab Saudi.

"Kita juga disatukan oleh agama Islam sehingga kerja sama itu sangat mungkin dilakukan bahkan kali ini lebih konkret untuk kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi di dunia Islam," katanya.

Ia mengatakan, saat ini di Qassim University terdapat sekitar 70 ribu mahasiswa pada 83 program studi. Banyaknya program studi yang ada juga memudahkan UII untuk menjalin kerja sama yang relevan dalam berbabagai bidang studi.

"Qassim University juga telah banyak menjalin kerja sama internasional baik dengan negara Islam maupun non-Islam," katanya.

Atase Keagamaan Kedutaan Besar Kerajaan Arab Saudi di Indonesia, Syekh Ibrahim Al Naghaimshi mengatakan, banyak aspek kerja sama yang dapat dijalin misalnya dalam bidang keislaman, kompetisi, pertukaran pelajar, pertukaran dosen, pengembangan SDM, dan penelitian bersama.

"Kami persilakan pada dosen UII yang berkeinginan mengambil doktor di Qassim University. Kami menyambut baik kerja sama dengan UIl dan kami membuka semua kerja sama yang diinginkan oleh UII," katanya.

(B015/M008)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013