Dia meninggalkan warisan yang fantastis di dunia kebugaran,"
Los Angeles (ANTARA News) - Joe Weider, guru kebugaran dan binaraga yang membangun kerajaan majalah termasuk Muscle and Fitness, Shape da Men`s Fitness, meninggal dunia pada Sabtu pada usia 93 tahun, kata humasnya.

Weider, yang juga dikenal karena menciptakan kontes binaraga Mr Olympia dan mentoring dengan Arnold Schwarzenegger muda, meninggal karena gagal jantung, kata Charlotte Parker, staf humasnya dikutip Reuters.

"Joe Weider adalah titan di industri kebugaran dan salah satu orang paling baik yang pernah saya temui," kata Schwarzenegger dalam pernyataan yang diposting di situsnya.

"Dia meninggalkan warisan yang fantastis di dunia kebugaran," kata bintang film dan mantan gubernur California itu.

"Sangat sedikit orang bisa mengklaim telah mempengaruhi kehidupan sebanyak Joe lakukan melalui majalah itu, suplemennya, pelatihan peralatan dan kebesaran hati pribadinya."

Lahir di Montreal pada tahun 1920, Weider mulai mengangkat beban saat remaja untuk bersikap di lingkungan pengganggu sebelum bersaing di kontes pertama binaraga pada usia 17.

Dia mulai menerbitkan majalah pertamanya, Your Physique, pada tahun 1940-an dan pada tahun 1965 menciptakan kompetisi Mr Olympia, kontes binaraga utama.

Schwarzenegger pertama mendapat ketenaran dengan memenangkan Mr Olympia pada tahun 1970 sebelum pensiun dari binaraga tahun 1975 dan memasuki karir yang sukses di film aksi, kemudian politik.

Weider meninggalkan seorang istri, Betty.

(H-AK)

Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013