Pertarungan akan sangat ketat dan menegangkan
Semarang (ANTARA News) - Tiga tiket ke empat besar tim putra akan diperebutkan pada laga seri terakhir putaran kedua kompetisi bola voli BSI Proliga 2013 di GOR Jatidiri, Semarang, Jawa Tengah, 5-7 April.

Sementara satu tiket lainnya, sudah dipastikan menjadi milik Surabaya Samator yang menempati posisi teratas dengan nilai 21 sejak dua pekan lalu saat kompetisi digelar di Gresik.  

"Pertarungan akan sangat ketat dan menegangkan. Itu pasti, sebab ini fase krusial bagi semua tim yang masih berpeluang lolos (ke babak empat besar)," kata Direktur Proliga Hanny Surkatty, Kamis.

Persaingan tim putra memang berlangsung "panas". Jakarta Pertamina Energi menjadi tim yang berada di muka gerbang ke babak empat besar dengan  mendulang nilai 18 dari 11 pertandingan. Tim yang baru dua musim bergabung di BSI Proliga ini tinggal menyisakan satu pertandingan.  

Namun posisi mereka belum aman karena tim-tim lainnya masih menyisakan  dua pertandingan. Duel melawan Palembang Bank Sumsel Babel (dengan poin 17), Minggu (7/4) menjadi laga hidup mati bagi Pertamina.

Sementara tuan rumah Semarang Bank Jateng, yang menumbangkan Samator di Magetan pekan lalu, juga masih mempunyai peluang walaupun tipis. Bank Jateng harus memenangi dua laga dengan nilai sempurna di depan pendukungnya jika ingin lolos. 

Saat ini nilai mereka 11, bila menang dengan nilai sempurna di dua laga, maka Bank Jateng akan mendapatkan tambahan enam (17 poin). Tetapi hasil ini juga belum aman karena masih dipengaruhi hasil laga-laga lain.

"Nilai sempurna (tiga poin) harus digapai pada setiap pertandingan oleh semua tim jika ingin lolos ke babak empat besar. Itu demi mengamankan peluang mereka," ujar Hanny.

Sebaliknya pada tim putri tinggal satu tiket lagi yang masih tersisa dan diperebutkan dua tim, Jakarta Electric PLN dan Jakarta Pertamina Energi.  

Persaingan merebut satu tempat di babak empat besar cukup menarik walau jarak peringkat keempat dan kelima terpaut cukup jauh. Saat ini PLN masih menduduki urutan keempat dengan nilai 17 dibuntuti Pertamina yang mendulang 11 poin dan kedua tim sama-sama sudah memainkan 10 laga.

Kedua tim mempunyai dua sisa laga lagi. Perjuangan Pertamina akan sia-sia jika PLN merebut satu poin di Semarang. Satu nilai sudah cukup untuk mengantarkan mereka bersaing di babak empat besar, bergabung bersama Gresik Petrokimia, Jakarta Popsivo PGN, dan pendatang baru Manokwari Valeria Papua Barat.

Pewarta: Monalisa
Editor: Fitri Supratiwi
Copyright © ANTARA 2013