Mamuju (ANTARA News) - Honor bagi setiap petugas sensus pertanian senilai Rp2,5 juta /bulan. 

"Total anggaran yang disiapkan pemerintah pusat untuk kegiatan sensus pertanian mencapai angka Rp1,3 triliun. Alokasi anggaran ini mencakup untuk kebutuhan pada 33 provinsi di Indonesia," kata Direktur Statistik Peternakan Perikanan dan Perkebunan BPS Pusat, Tanda Sirait saat berada di Mamuju, Sabtu.

Menurut Tanda, alokasi dana itu akan digunakan untuk keperluan mulai dari proses persiapan hingga pengolahan data hasil sensus pada akhir September 2013.

Ia menyampaikan, petugas pencacah yang direkrut tidak kurang dari 300 ribu orang dengan sistem kontrak kerja dengan nilai honor rata-rata Rp2,5 juta/bulan.

Bukan hanya itu, BPS juga telah membangun kerjasama dengan perusahaan asuransi untuk mengasuransikan semua petugas Sensus Pertanian 2013 sebagai upaya tanggungjawab pemerintah dalam memberikan rasa aman dan jaminan keselamatan kepada petugas di lapangan.

"Petugas SP yang direkrut secara nasional telah didaftarkan untuk mendapatkan asuransi apabila mengalami kecelakaan dalam tugas,"ungkapnya.

Ia mengatakan kegiatan pencacahan pertanian dilaksanakan sekali setiap sepuluh tahun.

Pewarta: Aco Ahmad
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013