Moskow (ANTARA News) - Kelompok tak dikenal menembakkan dua rudal darat-udara ke pesawat penumpang Rusia yang membawa lebih dari 150 orang di atas wilayah Suriah, Senin, kata Kantor Berita Interfax mengutip sumber  di Moskow.

"Suriah memberi tahu kami bahwa pada Senin pagi orang-orang tak dikenal menembakkan dua rudal darat-udara yang meledak di dekat sebuah pesawat sipil milik perusahaan penerbangan Rusia," kata sumber itu.

"Awak pesawat berhasil mengelakkan pesawat tersebut ke samping tepat pada waktunya dan menyelamatkan nyawa para penumpang," kata sumber itu, dengan menambahkan bahwa tidak jelas apakah penyerang mengetahui pesawat itu milik Rusia.

Pada saat serangan tesebut, pesawat itu sedang kembali dari sebuah tempat wisata di Mesir yang merupakan tujuan populer para pelancong Rusia.

Awak pesawat A-320 milik perusahaan penerbangan NordWind Airlines yakin ada aksi yang mengancam keselamatan pesawat namun mereka bisa mendarat di Kazan sesuai dengan jadwal.

Kementerian Luar Negeri Rusia mengatakan telah mengambil "langkah-langkah darurat" untuk mengklarifikasi keadaan dan melakukan kontak dengan pihak berwenang Suriah.

Badan angkutan udara Rusia maupun kementerian luar negeri tidak menyinggung-nyinggung masalah penembakan rudal.

(Uu.M014)

Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013