Kairo (ANTARA News) - Ribuan orang Muslim Mesir berpawai di Kairo pada Kamis (2/5) waktu setempat guna memprotes penangkapan seorang pengikut Salafi ultra-konservatif dengan tuduhan menteror polisi.

Para pemrotes berpawai dari Masjid Rabaa Al-Adawiya menuju ke Markas Keamanan Nasional di Kota Nasr di Kairo Timur, menyerukan penghapusan polisi Keamanan Nasional serta penghentian agresi dan kebrutalam mereka.

Setelah protes yang menggulingkan presiden Hosni Mubarak pada 2011, Keamanan Negara --yang memiliki reputasi negatif karena kebrutalan dan agresi terhadap tersangka, diganti oleh aparat Keamanan Nasional.

Menurut laporan kantor berita Xinhua, pada Kamis pagi Jaksa Agung Talaat Ibrahim Abdullah memerintahkan agar tokoh utama Salafi, Hazem Salah Abu Ismail, bersama pengikut aliran itu diserahkan kepada Keamanan Nasional untuk diinterogasi.

Mereka dituduh menteror polisi, memerintahkan pengepungan Markas Keamanan Nasional dan menuduh lembaga tersebut melakukan kekerasan dan penyiksaan tanpa bukti.


Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013