London (ANTARA News) - Callum McManaman mencetak gol kemenangan larut saat Wigan Athletic mendapat harapan untuk menghindari terdegradasi dari Liga Utama Inggris, dengan dua kali bangkit dari ketinggalan untuk menang 3-2 di markas West Bromwich Albion pada Sabtu.

Tuan rumah dua kali unggul di The Hawthorns, melalui Shane Long dan Gareth McAuley, namun Wigan dapat membalas melalui Arouna Kone dan pemain pengganti James McArhur, yang mencetak gol melalui sentuhan pertamanya di pertandingan ini.

McManaman mencetak gol kemenangan pada menit ke-80, melalui sepakan dengan sepakan dari bagian samping kakinya dari jarak dekat setelah Shaun Maloney melaju dari sisi kiri.

Finalis Piala FA ini sekarang hanya tertinggal dua angka dari tim peringkat keempat dari bawah Sunderland, yang menjamu Stoke City pada Senin, dan terpaut tiga angka dari Newcastle United, yang hanya bermain imbang 0-0 dengan tuan rumah West Ham United.

Gabriel Agbonlahor mungkin menyelamatkan status Aston Villa sebagai tim penghuni kompetisi papan atas untuk semusim lagi, setelah mencetak gol kemenangan pada menit ke-89 saat menang 2-1 atas Norwich City.

Villa, yang takluk 1-6 dari Sunderland pada Senin, unggul pada menit ke-55 melalui gebrakan Agbonlahor dari garis tengah lapangan sebelum melepaskan tembakan ke sudut kiri gawnag dari tepi kotak penalti.

Grant Holt menyamakan kedudukan dari titik penalti saat pertandingan menyisakan 16 menit, namun Agbonlahor menyelamatkan pasukan Paul Lambert untuk unggul lima angka dari zona degradasi, meski telah memainkan satu pertandingan lebih banyak daripada tim peringkat ketiga dari bawah Wigan.

Di tempat lain, Manchester City ditahan imbang 0-0 oleh tuan rumah Swansea City di Stadion Liberty.

Peluang terbaik tim tamu dimiliki Edin Dzeko, yang entah bagaimana sepakannya melebar setelah menyambut umpan Pablo Zabaleta pada fase akhir pertandingan.

Hasil ini membuat pasukan Roberto Mancini tertinggal 13 angka dari juara Manchester United, yang dapat memperbesar keunggulan menjadi 16 angka di puncak jika mampu meraih kemenangan atas tim peringkat ketiga Chelsea pada pertandingan Minggu.

Hal Robson-Kanu mencetak dua gol saat Reading yang sudah dipastikan terdegradasi mengamankan kemenangan tandang kedua mereka musim ini dengan menang 4-2 atas tuan rumah Fulham, yang sekarang terpuruk di peringkat ke-13.

Pemain internasional Wales membuka keunggulan dengan penalti pada menit ke-12 dan melalui sepakan melengkung untuk membukukan gol keduanya pada menit ke-17 babak kedua.

Bryan Ruiz mencetak dua gol balasan untuk Fulham, di antara kedua gol tersebut Adam Le Fondre mencetak satu gol untuk Reading pada menit ke-75, namun Jem Karacan memastikan kemenangan timnya melalui tembakan mendatar pada menit ke-83.

Tim peringkat kelima Tottenham Hotspur berupaya untuk naik ke peringkat ketiga dengan kemenangan kandang atas Southampton, namun pertandingan di White Hart Lane harus ditunda selama setengah jam akibat adanya kecelakaan lalu lintas yang memaksa penutupan jalan tol setempat.

Sementara itu, Arsenal akan berharap dapat mempererat genggaman mereka di posisi empat besar pada Sabtu malam ketika mereka mengunjungi tim yang sudah dipastikan terdegradasi Queens Park Ranges, yang kini menghuni dasar klasemen menyusul kemenangan Reading.

Hull City mengamankan satu tempat di Liga Utama Inggris untuk musim depan pada Sabtu sore setelah bermain imbang 2-2 di kandang dengan tim yang sudah dipastikan promosi Cardiff City pada hari terakhir musim Championship.

Watford, Brighton and Hove Albion, Crystal Palace, dan Leicester City akan menjalani pertandingan playoff, demikian AFP.

(H-RF)

Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013