Mana Tompi, Tompi yuk kita nyanyi saya main piano kamu nyanyi,"
Jakarta (ANTARA News) - Menteri perdagangan Gita Wirjawan bertemu belasan artis Indonesia yang menyambangi kantor Kementerian Perdagangan untuk mendukung upaya yang tengah dilakukan Mendag dalam memberikan perlindungan bagi konsumen penikmat seni.

Tak puas hanya mendengar komitmen Menteri Perdagangan, Gita Wirjawan, untuk memberantas pembajakan, para wartawan menuntut Mendag membuktikan kemahirannya bermain musik yaitu bermain piano mengiringi Tompi.

Kejadian itu berlangsung seusai diskusi dan pertemuan dengan sejumlah musisi di auditorium Kementerian Perdagangan, Jakarta, Jumat sore. Gita tanpa ragu menghampiri piano yang ada di ruangan itu, dan unjuk kebolehan denga memainkan intro tembang lawas, Juwita Malam, dalam aransemen jazz.

"Mana Tompi, Tompi yuk kita nyanyi saya main piano kamu nyanyi," ujar Gita seraya mengalunkan intro Juwita Malam.

Tompi pun mengiyakan ajakan Gita, Tompi mengatakan siap untuk bernyanyi.

"Sebentar pak saya lagi siapkan lagu untuk dinyanyikan," kata Tompi.

Juwita Malam pun kemudian berkumandang dibawakan oleh Tompi, suara tepuk tangan wartawan dan musisi pun membahana. Tampak diantaranya adalah Sam Bimbo dan Ikang Fawzi, Adi Adrian Kla Project, serta Ikang Fauzi.

Di penghujung lagu Juwita Malam, Mendag bersama Tompi kompak menyanyikan lagu tersebut.

Gita Wirjawan mengatakan dirinya prihatin dengan pembajakan musik di Indonesia. Ia memperkirakan nilai konsumsi musik rata-rata orang Indonesia Rp20 ribu per tahun atau mencapai Rp5 triliun.

"Nilai konsumsi musik itu Rp5 triliun per tahun tapi yang tercatat hanya 10 persen yang masuk ke kantong penciptanya sehingga itu merugikan para musisi, karena itu kami dari kemendag mensosialisasikan anti pembajakan agar aktivitas pembajakan semakin berkurang," ujar dia.


Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013