Jakarta (ANTARA News) - Sejumlah anggota Komisi XI DPR memberikan ucapan selamat jalan dan terima kasih atas kerja sama yang telah terjalin bersama Darmin Nasution selama menjabat sebagai Gubernur Bank Indonesia.

"Saya mewakili Komisi XI dan Fraksi PDI Perjuangan mengucapkan selamat atas prestasi yang sudah dicapai selama ini. Kami sudah cukup lama saling mengenal hingga akhirnya Pak Darmin berhasil menjadi Gubernur BI," kata Ketua Komisi XI Emir Moeis saat rapat kerja di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa.

Emir mengaku belajar banyak hal selama berinteraksi dan bekerja dsama dengan Darmin.

Apalagi, mayoritas anggota Komisi XI bukan ekonom sehingga interaksi dengan Darmin sangat bermanfaat dalam proses legislasi.

Dia berharap Gubernur BI yang baru bisa melanjutkan keberhasilan dan meneruskan program-program yang sudah dilakukan dan dicanangkan Darmin antara lain ekonomi inklusif dan pengawasan bank yang sudah tidk perlu intensif lagi karena perbankan sudah normal.

"Saya juga berharap pengalihan sebagian kewenangan dari BI kepada Otoritas Jasa Keuangan atau OJK bisa berjalan lancar dan tanpa gejolak," tuturnya.

Hal senada juga disampaikan anggota Komisi XI lainnya. Melchias Marcus Mekeng dari Fraksi Partai Golongan Karya mengatakan Darmin telah menunjukan keberhasilannya sejak menjadi Kepala Badan Pengawas Penanaman Modal dan Lembaga Keuangan (Bapepam-LK), Dirjen Pajak hingga Gubernur BI.

"Semoga Pak Darmin tetap bisa memberikan pemikirannya meskipun tidak lagi menjabat. Saya pikir semua anggota Komisi XI pasti akan memilih Pak Darmin lagi seandainya dicalonkan kembali," katanya.

Sementara itu, Darmin Nasution juga mengucapkan terima kasih kepada Komisi XI dan DPR. Dia mengatakan mendapatkan banyak hal selama berinteraksi dengan DPR.

"Interaksi akan bernilai kalau bisa mematangkan kita masing-masing. Saya merasa lebih matang selama berinteraksi bersama DPR. Banyak interaksi yang bermakna," tuturnya.

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Aditia Maruli Radja
Copyright © ANTARA 2013