London (ANTARA News) - Arjen Robben membawa Bayern Munchen menjadi juara Liga Champions 2013 melalui golnya pada menit ke-89.

Pemain asal Belanda tersebut melesakkan tendangannya ke gawang Borussia Dortmund untuk membawa timnya unggul 2-1.

Robben yang menerima umpan pendek dari Ribery, meliuk-liuk melewati satu pemain belakang Dortmund, mengecoh kiper Weidenfeller, menyepak bola pelan namun taktis dan gol.

Sebelumnya, Bayern telah lebih dulu memimpin melalui gol Mario Mandzukic menit ke-60 menyusul pertahanan Dortmund yang buruk.

Gol pertama Bayern juga tidak lepas dari peran Robben yang menyusup ke kanan pertahanan Dortmund dan memberikan umpan dari sudut yang sulit kepada Mandzukic.

Namun Dortmund segera menyamakan kedudukan pada menit ke-68 melalui tendangan penalti Ilkay Gundogan setelah Dante mengangkat kaki terlalu tinggi dan mengenai perut Marco Reus.

Meski golnya dibalas dengan cepat, anak asuh Jupp Heynckes terus menekan pertahanan Dortumud dan beberapa kali menciptakan peluang.

Sedikitnya ada dua peluang upaya dari Bayern yang berhasil dihadang kiper Weidenfeller. Tendagangan keras jarak jauh Alaba menit 76 dan tembakan Schweinsteiger pada menit 87.

Sementara Dortmund yang kalah dalam penguasaan bola lebih jarang menciptakan peluang dan tercatat hanya membuat upaya 12 kali dengan 8 di antaranya ke arah gawang, sedangkan Bayern menciptakan 14 upaya dengan 9 kali mengarah ke gawang Dortmund.

Gol kemenangan dari Robben pada menit-menit akhir itu tidak mampu dibalas Dortmund, dan Bayern Munchen pun meraih trofi Liga Champions 2013.


Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2013