Kamis, 23 Oktober 2014

Jaga pola konsumsi demi keselamatan lingkungan

| 2.519 Views
id balthasar kambuaya, menteri lingkungan hidup, keselamatan lingkungan, pekan lingkungan
Jaga pola konsumsi demi keselamatan lingkungan
Ilustrasi. Seorang pemulung mencari sejumlah barang bekas ditumpukan sampah di Kampung Cipurut kawasan anak Sungai Cikapundung, Kec. Dayeuhkolot, Kab. Bandung, Jabar. (FOTO ANTARA/Fahrul Jayadiputra)
Ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Dari sisi konsumen, harus menjaga pola konsumsi kita, kalau hanya bisa gunakan lima jangan beli lebih dari itu
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Lingkungan Hidup Balthasar Kambuaya mengajak masyarakat untuk menjaga pola konsumsi demi keselamatan lingkungan.

"UNEP (United Nations Environment Programme) melihat bahwa masalah perilaku konsumsi membawa dampak sangat besar yaitu limbah makanan," kata Balthasar saat membuka Pekan Lingkungan Indonesia 2013 di Jakarta, Kamis.

Ia menjelaskan, saat ini jumlah penduduk dunia mencapai tujuh miliar dan diperkirakan pada 2020 menjadi sembilan miliar.

Bertambahnya penduduk itu menyebabkan jumlah limbah terus meningkat dari waktu ke waktu, yang apabila tidak dikendalikan dengan baik akan menimbulkan masalah lingkungan.

"Khusus Indonesia kita tahu hampir 40 persen jumlah penduduk masih menggantungkan hidup pada eksploitasi sumber daya alam, kalau tidak dikendalikan dengan baik dampaknya pada degradasi lingkungan yang menyebabkan perubahan iklim," ujarnya.

Pekan Lingkungan Indonesia (PLI) berlangsung 30 Mei-2 Juni 2013 dengan tema yang diselaraskan dengan tema Hari Lingkungan Hidup Sedunia yaitu Think, Eat, Save.


Editor: Heppy Ratna

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca
Baca Juga