Minggu, 26 Oktober 2014

Mangga indramayu gagal dipanen

| 2.261 Views
id mangga indramayu, petani mangga, gagal panen mangga
Mangga indramayu gagal dipanen
Foto ilustrasi panen mangga pada musim panen lalu (ANTARA/Dedhez Anggara)
Indramayu (ANTARA News) - Para petani di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat gagal panen akibat hujan berkepanjangan.

"Curah hujan di Kabupaten Indramayu, Jawa Barat masih cukup tinggi, pohon mangga tidak mampu berbuah dengan baik sehingga petani merugi," kata rastim pemilik kebun mangga di Kandanghaur Kabupaten Indramayu, Kamis.

Dia menjelaskan, bunga mangga yang mulai keluar jika diguyur hujan deras akan membusuk sehingga pohon tidak mampu menghasilkan buah.

"Hasil panen anjlok biasanya satu pohon usia diatas 10 tahun mampu menghasilkan 400 kilogram mangga, kini paling hanya 30 hingga 40 kilogram, padahal biaya perawatan untuk pupuk dan seprotan hama cukup tinggi,"katanya.

Sementara itu Kepala Seksi Kelembagaan dan Pengembangan Badan Ketahan Pangan dan Penyuluhan Kabupaten Indramayu, Ir Anang kepada wartawan di Indramayu, Kamis mengatakan, hujan berkepanjangan hasil produksi mangga berkurang, karena petani gagal panen dampaknya pedagang kesulitan pasokan.

"Sejumlah pedagang mangga di daerah Pantura Kabupaten Indramayu, Jawa Barat, mengaku semakin sulit mendapatkan pasokan akibat panen mangga terus berkurang dibandingkan musim kemarau,"katanya.

Kualitas mangga pada musim kemarau bisa diandalkan karena cukup baik, kini hujan terus mengguyur Pantura Indramayu hasil panen terakhir kurang memuaskan selain rasa juga warnanya kurang menarik konsumen.

COPYRIGHT © ANTARA 2013

Komentar Pembaca