London (ANTARA News) - MotoGP akan kembali dilombakan di Argentina pada tahun depan dengan kesepakatan berdurasi tiga tahun di Sirkuit Termas de Rio Hondo yang baru, kata promotor Dorna pada Jumat.

Itu akan menjadi balap pertama kalinya di negara Amerika Selatan sejak 1999, ketika Buenos Aires menjadi tuan rumah seri.

"Kami akan melakukan yang terbaik untuk memastikan MotoGP bertahan di negara kami untuk kurun waktu yang lama," demikian dikutip dari pernyataan menteri pariwisata Argentina Enrique Meyer setelah menyelesaikan semua urusan kontrak ketika ia mengunjungi sirkuit.

Beberapa tim dan pebalap Moto GP melakukan pengujian di sirkuit yang berada di provinsi Santiago del Estero, sekitar 1.000 kilometer arah utara dari Buenos Aires, untuk mengumpulkan data-data agar dapat mempersiapkan diri untuk balap yang awalnya direncanakan diselenggarakan pada kalender tahun ini.

Agenda balap di Argentina pada tahun dicoret setelah terjadi perselisihan dengan pabrikan oli asal Spanyol Repsol, yang menjadi sponsor tim Honda, dan pemerintah Argentina dan Spanyol, demikian Reuters.

(H-RF/D011)