Kabul (ANTARA News) - Sebanyak 27 anggota Taliban tewas selama serangkaian operasi pembersihan di berbagai provinsi Afghanistan sejak Selasa pagi (2/9), kata Kementerian Dalam Negeri Afghanistan pada Rabu.

"Dalam 24 jam belakangan, Direktorat Keamanan Nasional, tentara, Polisi Nasional Afghanistan dan tentara pimpinan AS melancarkan beberapa operasi pembersihan, sehingga menewaskan 27 gerilyawan Taliban yang bersenjata," kata kementerian dalam satu pernyataan yang dikutip kantor berita Xinhua.

Operasi yang dilakukan aparat di Provinsi Nuristan, Baghlan, Kunduz, Kandahar, Wardak dan Helmand juga menyebabkan 10 gerilyawan terluka dan tujuh orang lagi tertangkap.

Selain itu, Polisi Nasional Afghanistan juga menjinakkan lima peledak rakitan di Provinsi Faryab dan Paktiya.

Kelompok gerilyawan Taliban, yang telah melancarkan serangan selama lebih dari satu dasawarsa, belum mengeluarkan komentar.

Pada Rabu pagi, dua prajurit militer Afghanistan cedera dan satu mobil van Angkatan Darat rusak akibat peledak rakitan di Daerah Pul-eBehsoud di Provinsi Nangarhar di bagian timur Afghanistan, kata Juru Bicara Polisi Provinsi Kolonel Hazrat Husain Mashriqiwal kepada Xinhua.

Penerjemah: Chaidar Abdullah

Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2013