Ditambah, setelah melahirkan dia dibersihkan dulu, kemudian diukur dulu baru ditaruh di dada saya,"
Jakarta (ANTARA News) - Artis Zaskia Adya Mecca mengaku bahwa proses Inisiasi Menyusu Dini (IMD) memberikan efek yang cukup besar, baik untuk ibu maupun anak.

Dia mengaku bahwa dengan menjalani proses IMD pasca melahirkan, dirinya serta anaknya menjadi lebih tenang dan tidak stres.

Istri dari Hanung Bramantyo ini mengaku bahwa, anak pertamanya Kana Sybila Bramantyo, tidak mendapat perlakukan IMD secara menyeluruh, yakni hanya satu jam.

"Ditambah, setelah melahirkan dia dibersihkan dulu, kemudian diukur dulu baru ditaruh di dada saya," katanya saat ditemui di Jakarta, Sabtu.

Berbeda dengan anak keduanya yang baru saja lahir, Kala Madali Bramantyo yang mendapat perlakuan IMD dengan baik dan sesuai anjuran yakni satu jam.

"Karena saya lebih siap, jadi saya maunya IMD yang sesuai," katanya.

Dia menyebutkan ada perbedaan karakter pada kedua anaknya. Sybill, lanjutnya lebih mudah menangis atau rewel saat masih bayi hingga berusia enam bulan. Sedangkan Kala yang mendapat IMD secara utuh cenderung lebih tenang.

"Jadi saya juga tidak stres," katanya.

Proses IMD yang berhasil, lanjutnya, bisa memengaruhi proses menyusui. Anak yang mendapat IMD, cenderung lebih mudah menyusui dibanding yang tidak mendapat IMD.

"Saya juga tenang, air susu juga banyak jadinya," katanya.

Sementara itu, ahli kandungan dari Rumah Sakit Asih, dr Nurwansyah, Sp.OG menyebutkan bahwa proses IMD bisa menurunkan kadar hormon stres pada anak. Namun itu bisa didapat jika tata laksana IMD sesuai.

Pewarta: Deny Yuliansari
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013