DKI Jakarta datang meninjau ke Bandung hari ini, merupakan kesungguhan mereka untuk mempertahankan juara umum, dan Jabar menargetkan Juara Umum pada PON 2016 nanti,"
Bandung (ANTARA News) - Ketua Umum KONI Jawa Barat H Azis Syarif menyatakan pihaknya tidak akan terlena dengan start lebih awal dalam menggelar Pelatda PON XIX/2013 justeru melakukan evaluasi secara maksimal untuk memastikan skenario pelatihan atlet berjalan maksimal.

"Jabar memang melakukan persiapan kontingen lebih awal dibandingkan daerah lainnya, namun kami tidak akan terlena dan tetap introspeksi dan menggela evaluasi, yang jelas puncak penampilan atlet di ajang PON 2016," kata Azis Syarif di sela-sela kunjungan KONI DKI Jakarta ke Bandung, Rabu.

Azis mengklaim pihaknya memiliki persiapan selangkah lebih dulu dibandingkan daerah lainnya dalam pembinaan atlet PON, namun di sisi lain kehadiran KONI daerah lain ke Jabar merupakan bentuk kesungguhan mereka yang harus diantisipasi.

"DKI Jakarta datang meninjau ke Bandung hari ini, merupakan kesungguhan mereka untuk mempertahankan juara umum, dan Jabar menargetkan Juara Umum pada PON 2016 nanti," katanya.

Lebih lanjut, Ketua Umum KONI Jabar menyebutkan berbagai upaya dilakukan untuk menggenjot atletnya, selain menggelar pelatda jangka panjang, juga mengirimkan atlet berlatih dan mengikuti kejuaraan di luar negeri terutama Korea.

"Sukses kita di PON Riau 2012 meraih Dua Besar bukan akhir, karena misi besar kami Juara Umum PON 2016. Semua stakeholder olahraga Jabar diharapkan bersatu untuk tujuan Jabar Kahiji," kata Azis.

Sementara itu, rombongan KONI DKI Jakarta ke Kota Bandung selain melakukan audiensi dengan KONI Jabar juga melakukan peninjauan ke sejumlah lokasi tempat pertandingan olahraga seperti velodrome dan lapang tembak Cisangkan, Stadion Gelora Bandung Lautan Api serta sejumlah fasilitas latihan atlet Jabar.

Ketua KONI DKI Jakarta Winny Erwindia menyatakan apresiasi atas kesungguhan Jabar mempersiapkan diri sebagai tuan rumah PON XIX/2016 baik dari sisi persiapan dan pembinaan atlet juga persiapan pembangunan infrastruktur.

"Dari paparan tadi kesiapan fasilitas olahraga untuk PON Jabar sudah sekitar 65 persen tersedia, dan saya yakin Jabar akan mampu menjadi tuan rumah PON 2016, pasalnya bisa belajar dari pengalaman tuan rumah PON sebelumnya," kata Winny Erwindia.

Winny menyebutkan, pihaknya sejak jauh-jauh hari datang ke Jabar untuk melihat kondisi fasilitas yang akan digunakan untuk PON mendatang. Hal sama juga dilakukan saat PON 2012 di Riau.

"Kami sejak jauh-jauh hari meninjau lokasi tuan rumah PON, dan hasilnya sebagai persiapan kami untuk mempersiapkan kontingen, buktinya kami mampu Juara Umum," kata Winny.

Pada kesempatan itu, Winny menyatakan siap untuk sharing pengalaman menjadi tuan rumah perhelatan olahraga agar Jabar bisa sukses menjadi tuan rumah PON 2016.

"DKI Jakarta punya pengalaman menggelar event olahraga, kami siap sharing. Namun saya yakin Jabar bisa belajar banyak dari daerah-daerah yang menjadi tuan rumah PON, dan saya yakin Jabar akan sukses menjadi tuan rumah," kata Ketua Umum KONI DKI Jakarta itu menambahkan.
(S033/Y003)

Pewarta: Syarif Abdullah
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2013