Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Perindustrian (Kemenperin) melaksanakan Ujian Tes Kompetensi Dasar (TKD) untuk Calon Pegwai Negeri Sipil (CPNS) tahun 2013 sebanyak 1.520 orang.

Sebelumnya, mereka telah mengikuti TKD dalam beberapa tahapan pelaksanaan antara lain pendaftaran dan Tes Potensi Khusus (TPK) secara online melalui website Kemenperin serta validasi dokumen persyaratan administrasi.

"Dalam proses pendaftaran online rekrutmen CPNS Kemenperin tahun 2013 yang dilaksanakan pada tanggal 16 - 25 September 2013 itu tercatat jumlah pelamar sebanyak 9.932 orang yang terdiri dari 8.622orang lulusan DIII, DIV, S1, S2 dan S3. Sementara itu sisanya 1.310 orang adalah lulusan SMK," kata Sekretaris Jenderal Kemenperin Ansari Bukhari dalam siaran persnya yang diterima di Jakarta, Minggu.

"Peserta yang telah lulus tes tahap 1 tersebut sebanyak 1.773 orang. Kemudian, berdasarkan validasi dokumen persyaratan administrasi peserta pada 7 – 12 Oktober 2013, tersaring sebanyak 1.520 orang, selanjutnya mereka mengikuti tes tahap 2 yaitu TKD yang dilaksanakan pada hari ini (Minggu)."

Setelah mengikuti TKD dan dinyatakan lulus, peserta akan menjalani tes tahap 3, yaitu Ujian Tes Kompetensi Bidang (TKB) terdiri dari psikotest, wawancara dan Tes Kemampuan Mengajar bagi formasi Dosen, Guru dan Instruktur yang akan dilaksanakan pada 18 Nopember 2013.

Adapun ujian bagi Tenaga Honorer Kategori 2 di lingkungan Kementerian Perindustrian juga dilaksanakan bersamaan dengan pelamar umum pada 3 November 2013 dan diikuti 29 orang di tiga wilayah, yaitu Jakarta, Semarang dan Makassar.

Pelaksanaan TKD di lingkungan Kementerian yang dilaksanakan pada Minggu tersebar di 18 kota besar di Indonesia, antara lain Jakarta (Gedung Tennis Indoor Senayan), Bandung (Balai BesarTekstil), Surabaya (Baristand Industri Surabaya).

Yogyakarta (Akademi Teknologi Kulit), Palembang (Baristand Industri Palembang), Padang (Akademi Teknologi Industri), Denpasar (BDI Regional VI Denpasar), Samarinda (Baristand Industri Samarinda) Makassar (BDI Regional VII Makassar) dan Ambon (Baristand Industri Ambon).(*)

Pewarta: Anom Prihantoro
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2013