Sulit banget, mulut saya sampai keriting. Tapi saya harus yakin kalau memang bisa, tidak ada yang tidak bisa. Kalau dari awal tidak yakin, pasti tidak akan bisa."
Jakarta (ANTARA News) - Aktor Lukman Sardi dituntut untuk menpelajari bahasa Prancis demi karakter Ikal dalam film Laskar Pelangi Sekuel 2 - Edensor. Pasalnya, film yang diangkat dari novel Andrea Hirata itu mengisahkan kehidupan Ikal (Lukman Sardi) dan Arai (Abimana Artasatya) saat melanjutkan sekolah di Prancis. 80 persen pengambilan gambarnya pun dilakukan di Paris dan Lukman banyak berdialog dalam bahasa Prancis.

"Sulit banget, mulut saya sampai keriting," seloroh Lukman di Jakarta, Senin.

Dia mengemukakan, proses belajar bahasa Prancis ini dilakukan di sela-sela pengambilan gambar film "Soekarno" dimana dia berakting menjadi Bung Hatta yang juga menuntutnya untuk dapat berbahasa Belanda. Mempelajari dua bahasa demi akting dalam waktu singkat bukanlah hal mudah.

"Tapi saya harus yakin kalau memang bisa, tidak ada yang tidak bisa. Kalau dari awal tidak yakin, pasti tidak akan bisa," ujarnya.

Film Laskar Pelangi Sekuel 2 - Edensor segera tayang pada 24 Desember 2013. Karya yang disutradarai Benni Setiawan itu dibintangi juga oleh Mathias Muchus, Arswendy Nasution, Shalvynne Chang, Zulfani, Rendy Ahmad, dan Ferdian. Grup Coboy Junior didapuk menjadi pengisi lagu Laskar Pelangi Sekuel 2 - Edensor, mereka membawakan lagu berjudul Pelangi dan Mimpi. Sementara sang penulis buku Andrea Hirata juga menyumbangkan tiga lagu yang dibawakan Meda Kawu dan Cut Niken.(*)



Pewarta: Nanien Yuniar
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2013