... hal yang baik, dan kami melihat hal tersebut bagian pemerataan kegiatan ekonomi di berbagai daerah... "
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Menteri Perdagangan, Bayu Krisnamurthi, mengatakan, Amerika Serikat ingin memperkuat bisnis dan menganggap Indonesia memiliki prospek sangat baik pada masa mendatang.

"Mereka juga sudah lama berada di sini dan terus ingin memperkuat bisnis mereka di Indonesia," kata dia, seusai menerima delegasi US ASEAN Business Council, di Jakarta, Rabu.

Dia mengatakan, beberapa perhatian khusus di mata para pelaku bisnis negara itu antara lain memperkuat jaringan distribusi, logistik di luar Jawa dan ingin mengembangkan teknologi informasi dan komunikasi.

Dia menjelaskan, para pelaku usaha bisnis itu mendukung pengembangan bisnis bukan hanya untuk wilayah yang saat ini sudah berkembang, melainkan pengembangan di daerah-daerah yang dikategorikan sebagai kota kedua yang dianggap prospektif.

"Ini hal yang baik, dan kami melihat hal tersebut bagian pemerataan kegiatan ekonomi di berbagai daerah," kata Bayu.

Selain itu, kata dia, terkait pengembangan teknologi informasi dan komunikasi, juga akan dipergunakan dalam sektor perdagangan yang diharapkan mampu memperlancar arus perdagangan ke seluruh wilayah Indonesia maupun ke luar negeri.

Dia menjelaskan, pertemuan tersebut membahas hal-hal yang umum atau lebih mengedepankan pembicaraan terkait prospek dan arah bisnis di Indonesia.

"Nanti, untuk urusan investasi akan diterjemahkan sendiri oleh masing-masing perusahaan. Saat ini mereka tengah membuat kesepahaman tentang arah bisnis dalam beberapa tahun kedepan," kata dia.

Menurut dia, delegasi tersebut juga memberikan catatan terhadap Indonesia terkait dengan pelaksanaan Masyarakat Ekonomi ASEAN pada akhir 2015 mendatang, dan menilai Indonesia mampu menjadi basis produksi untuk wilayah ASEAN.

Dia menambahkan, beberapa kota yang disebut sebagai kota kedua antara lain adalah kota-kota yang terletak di wilayah Jawa Timur bagian timur, Sulawesi Selatan, Kalimantan Timur, Sumatera Utara, dan lainnya.

Pewarta: Vicki Febrianto
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2013