Kita bisa memilih teman, tapi tidak bisa memilih tetangga."
Jakarta (ANTARA News) - Wakil Presiden (Wapres) Boediono dan Ibu Herawati Boediono beserta rombongan tiba di Tanah Air setelah melakukan kunjungan kenegaraan ke Australia sejak 10 November 2013.

Wapres Boediono tiba di Bandara Halim Perdanakusuma  menggunakan pesawat Kepresidenan Indonesia 2, Boeing 737-400 TNI AU sekira pukul 18.00 WIB.

Wapres dan rombongan disambut Wakil Gubernur DKI Jakarta, Basuki Cahaya Purnama.

Selama di Australia, Wapres Boediono mengunjungi tiga kota, yakni Perth, Canberra dan Melbourne.

Selain itu, Wapres Boediono juga sempat melakukan pertemuan bilateral dengan Perdana Menteri Australia Toni Abbott.

Dalam pertemuan tersebut wapres menyampaikan berbagai hal diantaranya terkait kasus penyadapan, terkait anak buah kapal (ABK) Indonesia yang masih ditahan Australia, serta apresiasi Indonesia terhadap Australia yang pernah memberikan standby loan kepada Indonesia pada krisis keuangan tahun 2008.

Wapres Boediono mengatakan, tujuan lawatan ke Australia untuk memperluas berbagai kerja sama diantaranya soal pendidikan, soal ekonomi dan lain sebagainya.

Sebagai dua negara yang bertetangga, menurut Wapres, Indonesia dan Australia harus fokus pada hubungan jangka panjang kedua belah pihak.

Hubungan tersebut, diharapkan Boediono, tidak rusak oleh berbagai hal kecil yang bisa diselesaikan dengan cara yang baik.

"Kita bisa memilih teman, tapi tidak bisa memilih tetangga," kata Wapres.

Selain itu, di Australia, Wapres Boediono juga sempat dianugerahi gelar doktor kehormatan honoris causa dari Australian National University, Canberra. (*)

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Priyambodo RH
Copyright © ANTARA 2013